Media Vietnam Kritik Wasit Laga Indonesia Vs Singapura, Singgung Dua Gol Skuad Garuda

Olahraga | inewsid | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 12:32
Media Vietnam Kritik Wasit Laga Indonesia Vs Singapura, Singgung Dua Gol Skuad Garuda

SINGAPURA, iNews.id - Kepemimpinan wasit laga Timnas Indonesia versus Singapura pada Sabtu (26/12/2021) malam tak lepas dari kritik. Pasalnya, ada berbagai keputusan yang dinilai kontroversial oleh berbagai pihak.

Pada laga tersebut Timnas Indonesia menang 4-2 atas tuan rumah Singapura di Stadion National. Hasil itu membuat skuad Garuda melaju ke final Piala AFF 2020 dengan agregat 5-3.

Laga tersebut panas dan menguras emosi bagi kedua kubu. Bahkan, tiga kartu merah dikeluarkan wasit asal Oman, Qasim Matar Ali Hatimi untuk pemain Singapura. Praktis, Indonesia hanya berhadapan dengan 8 pemain lawan di atas lapangan.

Tak hanya keputusan tersebut yang menimbulkan kontroversi, gol yang tercipta pun memancing perdebatan tersendiri bagi fans sepak bola. Setidaknya, ada dua gol Indonesia yang disebut offside, tetapi disahkan oleh wasit.

Adapun dua gol itu terjadi pada menit ke-87 dan 91. Salah satu media Vietnam bahkan menyebut laga itu tidak perlu berlanjut ke babak perpanjangan waktu andai wasit jeli melihat situasi di lapangan.

Pada menit ke-87, Pratama Arhan dianggap offside ketika rekan setimnya melepaskan tembakan. Namun, hakim garis tidak mengetahuinya. Alhasil, pemain nomor 12 Indonesia itu menyerbu dengan sangat cepat dan melepaskan tembakan ke gawang Singapura, bunyi pernyataan dari Soha, Minggu (26/12/2021).

Selain gol tersebut, media Vietnam juga mengomentari gol lainnya yang dilepaskan Irfan Jaya di babak perpanjangan waktu. Menurutnya, pemain PSS Sleman itu telah dalam posisi offside.

Pada menit ke-91, Egy Maulana mencoba menerobos kepungan dan melepaskan tembakan jarak dekat. Kiper Hassan Sunny sukses menahan tembakan tersebut. Namun, Shawal Anuar melakukan kesalahan dan membiarkan bola masuk ke gawang. Dalam situasi ini, Irfan Jaya sepertinya sudah terjerumus dalam posisi offside, sambungnya.

Meski diwarnai beragam kontroversi, Indonesia dipastikan tetap melaju ke babak final. Skuad Garuda pun tinggal selangkah lagi menghadapi hadangan lawan demi meraih trofi pertama sepanjang sejarah keikutsertaan mereka.

Pertandingan final sendiri memiliki format yang sama dengan semifinal yaitu dua leg. Laga tersebut akan berlangsung pada 29 Desember dan 1 Januari mendatang. Timnas Indonesia masih menunggu siapa lawan di final nanti apakah Thailand atau Vietnam.

Artikel Asli