Indonesia ke Final Piala AFF 2020, Media Asia Tenggara: Wasit Kontroversial

Olahraga | sindonews | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 11:48
Indonesia ke Final Piala AFF 2020, Media Asia Tenggara: Wasit Kontroversial

Kemenangan Timnas Indonesia atas Singapura dengan skor 4-2 di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 dibanjiri kritik media di Asia Tenggara tidak lepas dari keputusan wasit yang kontroversial. Situs Mothersip.sg bersuara paling kencang dengan menyebut wasit Qasim Matar Ali Al-Hatmi asal Oman banyak membuat keputusan kontroversial yang merugikan Singapura.Wasit membuat keputusan kontroversial dalam laga bersama ofisial pertandingan lain,kritik mereka dalam laporannya.

Beberapa keputusan kontroversial wasit Qasim yang dikritik Mothersip.sg adalah pemberian kartu kuning untuk Safuwan Baharuddin dan tidak diberikannya penalti untuk Singapura setelah Amy Recha dijatuhkan Rachmat irianto di kotak terlarang.

Kritikan sama diungkap Soha.vn yang menganggap wasit tidak jeli dalam memimpin pertandingan. Soha menyoroti gol Indoensia yang menyamakan skor 2-2. Dalam laporannya, Soha menyoroti posisi Pratama Arhan yang offside sebelum membuat gol penyama kedudukan 2-2 tiga menit sebelum pertandingan babak kedua berakhir.

Mereka juga mengkritik gol ketiga Indonesia yang disebut gol bunuh diri Shawal Anuar. Mereka menulis gol itu terjadi akrena pandangan hakim garis terganggu sehingga tidak melihat posisi Irfan Jaya yang dianggap offside.'

Channel News Asia juga menyoroti kepemimpinan wasit yang membuat blunder keputusan yang merugikan Singapura. Dalam laporannya, CNA menulis dalam posisi tidak menguntungkan, menghadapi keputusan wasit yang layak dipertanyakan, singapura menatap jurang kekalahan.

Artikel Asli