5 Transfer Terburuk Mikel Arteta Selama Melatih Arsenal

Olahraga | indosport.com | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 10:06
5 Transfer Terburuk Mikel Arteta Selama Melatih Arsenal

INDOSPORT.COM Meski hadirkan dua gelar ke Arsenal, Mikel Arteta punya sejumlah kesalahan termasuk di bursa transfer. Berikut 5 transfer terburuknya saat melatih Arsenal.

Sempat bermain untuk Arsenal selama lima musim dan menjadi kapten, Mikel Arteta kembali ke kubu The Gunners dengan peran baru sebagai manajer pada Desember 2019 untuk menggantikan Unai Emery.

Enam bulan kemudian, ia sukses meraih gelar pertamanya sebagai juru taktik The Gunners dengan menjuarai Piala FA.

Torehan itu pun kemudian dilanjutkan dengan gelar kedua pada Agustus 2019, usai memenangi Communnity Shield dengan mengalahkan Liverpool.

Meski demikian, kinerja Arteta masih belum stabil. Meski mengawali musim lalu dengan gelar Community Shield, The Gunners justru finis di posisi delapan dan untuk pertama kali dalam 20 tahun gagal lolos ke kompetisi Eropa.

Musim ini pun Arsenal mengawalinya dengan buruk dengan selalu kalah di tiga pertandingan pertama Liga Inggris dan sempat jadi juru kunci, sebelum akhirnya bangkit dan kembali ke papan atas.

Di luar prestasi yang naik turun, Arteta pun beberapa kali membuat kesalahan lain, termasuk di bursa transfer. Sejumlah pemain yang ia boyong, tak jarang justru akhirnya gagal dan hanya bertahan sesaat.

Berikut ini lima transfer terburuk yang pernah dilakukan Mikel Arteta di Arsenal:

Dani Ceballos

Dani Ceballos pertama kali datang ke Arsenal pada Juli 2019 saat The Gunners masih dipimpin Unai Emery. Ia kemudian menjadi andalan Mikel Arteta yang menggantikan Emery pada Desember 2019. Akibatnya, Arteta pun kembali meminjamnya satu musim lagi dari Real Madrid pada September 2020.

Sayangnya, kinerja Dani Ceballos pada periode keduanya di Arsenal justru menurun drastis. Tampil 40 kali di semua kompetisi, bintang Spanyol ini tak memberikan sumbangsih berarti dengan hanya mencetak tiga assist sepanjang musim sehingga akhirnya tak dipermanenkan oleh Arteta.

Runar Alex Runarsson

Berbekal rekomendasi pelatih kiper Inaki Cana, Mikel Arteta memboyong Runar Alex Runarsson pada September 2020 untuk menjadi pelapis Bernd Leno. Sayangnya, ia justru kerap membuat blunder seperti saat Arsenal dihajar Manchester City 1-4 di Carabao Cup.

Setelah hanya mencatatkan enam penampilan musim lalu, Runar Alex Runarsson didepak ke OH Leuven sebagai pemain pinjaman dan Arsenal memboyong kiper baru yakni Aaron Ramsdale yang kini justru sukses menjadi kiper utama.

Artikel Asli