Final Piala AFF 2020: Pesta di Ruang Ganti, Shin Tae-yong Bersorak Kegirangan

Olahraga | sindonews | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 06:31
Final Piala AFF 2020: Pesta di Ruang Ganti, Shin Tae-yong Bersorak Kegirangan

KALLANG - Euforia lolos ke final Piala AFF 2020 menyeruak dari ruang ganti timnas Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong dan pasukannya menikmati momen kegembiraan usai menyingkirkan tuan rumah Singapura di semifinal, Sabtu (25/12/2021).

Luapan keceriaan terekam dalam media sosial Instagram milik fisioterapist timnas Indonesia Asep Aziz. Dalam Instastory-nya, tergambar Shin Tae-yong semringah seraya bersorak sorai dengan anak asuhnya.

Indonesia bergembira setelah lolos ke final usai membekuk Singapura di Stadion Nasional Singapura, Kallang. Kemenangan tersebut didapat usai pertandingan berjalan hingga babak perpanjangan waktu.

Ezra Walian membuka gol Indonesia menit ke-11, lalu Pratama Arhan (87), dan Egy Maulana Vikri (107) berhasil mencatatkan nama di papan skor, sedangkan gol lainnya dicetak melalui gol bunuh diri Shawal Anuar pada menit ke-91.

Masyarakat Indonesia sempat dibuat senam jantung karena Singapura balik melawan melalui gol Song Ui-young pda injury time jelang turun minum dan tendangan bebas Shahdan Sulaiman (74). Singapura juga nyris menang dengan 9 emain setelah mendapat hadiah penalti, namun digagalkan Nadeo.

Pencapaian lolos ke final merupakan pencapaian fantastis bagi Shin Tae-yong. Pasalnya, pelatih asal Korea Selatan merupakan debutan di turnamen dua tahunan tersebut.

Melaju ke partai final jauh melebihi target Shin Tae-yong. Pada awal turnamen, Shin Tae-yong menyebut bahwa targetnya pada Piala AFF 2020 adalah membawa Indonesia lolos dari Grup B yang mana merupakan grup neraka.

Oleh sebab itu, Shin Tae-yong beserta anak asuhnya layak merasa bahagia karena mampu berbicara banyak pada Piala AFF edisi kali ini. Momen kebahagiaan tersebut pun tergambar jelas pada sebuah video yang diunggah pada Instastory Asep Aziz.

Shin Tae-yong merayakan kemenangan seraya bersorak sorai dengan pasukannya. Baju yang dikenakannya sampai basah karena terkena cipratan air.

Video lompatan beserta teriakan kegembiraan diakhiri dengan adegan para penggawa Garuda berjoget. Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman, Irfan Jaya dan Rizky Ridho tampak menari bahagia pada video tersebut.

Indonesia kini tengah menunggu pemenang antara Thailand dan Vietnam yang digelar hari ini. Leg pertama laga final akan digelar pada Rabu 29 Desember 2021 dan leg kedua pada 1 Januari 2022.

Artikel Asli