Kurniawan Dwi Yulianto Minta Timnas Indonesia Hindari Ini di Final Piala AFF 2020

Olahraga | inewsid | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 05:31
Kurniawan Dwi Yulianto Minta Timnas Indonesia Hindari Ini di Final Piala AFF 2020

JAKARTA, iNews.id - Eks bintang Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto turut senang penerusnya di skuad Garuda melaju ke final Piala AFF 2020. Dia pun memberi wejangan agar Evan Dimas dkk bisa meraih gelar juara.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia mengalahkan Singapura di babak semifinal. Bertarung dalam dua leg, anak asuh Shin Tae-yong sukses menumbangkan tuan rumah dengan agregat 5-3.

Pada leg kedua, Sabtu (25/12/2021), Timnas Indonesia menang secara dramatis. Mereka dipaksa bermain hingga babak tambahan sampai akhirnya menang dengan skor 4-2.

Pada laga tersebut, tim Merah-Putih sejatinya hampir kalah. The Lions -julukan Timnas Singapura- yang bermain dengan sembilan pemain terus menebar ancaman lewat daya juang dan determinasi tinggi.

Tekanan mereka berujung bahaya. Barisan pertahanan Indonesia pun sampai membuat sejumlah pelanggaran yang berujung fatal. Hasil itu pun terbukti lewat dua gol tim tuan rumah yang berasal dari skema tendangan bebas.

Melihat barisan pertahanan Indonesia yang berani mengambil risiko seperti itu membuat Kurniawan buka suara. Dia pun meminta Asnawi dan kolega tetap tenang dan menjauhi pelanggaran di dekat kotak penalti.

"Pemain kita tidak boleh melakukan banyak foul di dekat area kotak penalti karena sangat berbahaya," kata Kurniawan kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (26/12/2021).

Tentunya, hal tersebut akan dievaluasi oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut. Sebelum semifinal pun dia sempat menekankan kepada anak asuhnya untuk menjauhi pelanggaran dan kartu kuning.

Di sisi lain, hasil itu tetap harus diapresiasi karena putra-putra terbaik bangsa sudah berjuang keras demi tiket Final Piala AFF 2020. Kurniawan pun berharap mereka bisa cepat memulihkan kondisi untuk kembali berjuang di partai puncak.

"Secara hasil patut kita syukuri karena kita bisa masuk final," ucapnya.

"Tapi tentu ini pertandingan yang sangat melelahkan agar pemain bisa kembali bugar saat melawan Thailand atau Vietnam nanti," tutupnya.

Kurniawan sendiri tidak pernah meraih gelar juara Piala AFF. Namun, namanya abadi di ajang tersebut. Dia merupakan top skor untuk Indonesia di Piala AFF dengan torehan 14 gol.

Artikel Asli