Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Diuntungkan Kepemimpinan Wasit yang Adil

Olahraga | skor.id | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 00:05
Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Diuntungkan Kepemimpinan Wasit yang Adil

SKOR.id Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong merasa puas dengan kepemimpinan wasit yang cukup tegas pada laga melawan Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020.

Shin Tae-yong sebelumnya memang sempat mengatakan bahwa timnas Indonesia harus menerima setiap keputusan wasit yang menjadi pengadil di lapangan.

Hal itu diungkapkan pelatih asalKorea ini seusai timnas Indonesia menghadapi Singapura pada pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2020.

"Saat leg pertama, saya sempat bicara di konferensi pers bahwa kami harus menghargai wasit atas keputusannya, ujar Shin Tae-yong, pada sesi konferensi pers pascapertandingan, Sabtu (25/12/2021) malam.

Namun, setelah melihat tayangan ulang pertandingan tersebut, Shin Tae-yong merasa bahwa skuad Garuda harus mendapatkan penalti.

Momen itu terjadi ketika Ricky Kambuaya dijatuhkan oleh pemain Singapura di area kotak penalti pada menit ke-76.

Dari tayangan ulang, pemain Persebaya itu memang dilanggar di dalam kotak penalti. Tetapi, wasit hanya memberikan tendangan bebas bagi timnas Indonesia.

Namun, saat itu saya belum melihat situasinya seperti apa karena belum melihat rekaman ulang pertandingannya, ujarShin Tae-yong.

Setelah kembali ke hotel dan menonton video ternyata memang benar-benar ada penalti yang harus diberikan, ia melanjutkan.

Pelatih berusia 52 tahun itu mengatakan, wasit yang memimpin laga leg kedua semifinal melawan Singapura cukup tegas dalam mengambil keputusan.

Laga Indonesia vs Singapura dipimpin olehwasit asal Oman, Qasim Matar Ali Al Hatimi.

Kepemimpinan wasit yang bagus ini terbukti pemain senior timnas Singapura, Safuwan Baharudin, diganjar kartu kuning kedua lalu kartu merah karena melakukan pelanggaran.

Menurut Shin Tae-yong, ini adalah keputusan yang adil dan sesuai yang terjadi di lapangan.

Mungkin untuk hari ini memang ada untungnya bagi kami," tutur Shin Tae-yong.

"Karena hari ini, wasit melihatnya dengan benar sampai memberikan kartu kuning dan kartu merah kepada lawan, ujarnya.

Duel antara Indonesia vs Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020 inipun dimenangi skuad Garuda dengan skor 4-2.

Empat gol timnas Indonesia dicetak oleh Ezra Walian (11), Pratama Arhan (87), gol bunuh diri Shawal Anuar (91), dan Egy Maulana Vikri (105+2).

Sementara itu, dua gol timnas Singapura disumbangkan oleh Song Ui-young (45+2) dan Shahdan Sulaiman (74).

Tak hanya itu, pertandingan ini juga berlangsung keras. Sebab, skuad The Lions mendapat tiga kartu merah yang diberikan kepada Safuwan Baharudin, Irfan Fandi, dan Hassan Sunny.

 

Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Bertekad Akhiri Perlawanan Singapura dalam 90 Menit

Piala AFF 2020: 4 Pemain Singapura yang Diwaspadai Pelatih Timnas Indonesia

&

Artikel Asli