Kalahkan Bek Arsenal, Egy Maulana Vikri Jadi Pemain Terbaik Asia Pekan Ini

Olahraga | inewsid | Published at Senin, 06 Desember 2021 - 17:01
Kalahkan Bek Arsenal, Egy Maulana Vikri Jadi Pemain Terbaik Asia Pekan Ini

SENICA, iNews.id - Pemain bintang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri, resmi diganjar predikat pemain terbaik Asia pekan ini oleh Federasi Sepak Bola Asia (AFC). Menariknya, Egy mengalahkan bek kokoh andalan Arsenal, Takehiro Tomiyasu.

Sejak meniti karier di klub Liga Slowakia, FK Senica, pelan-pelan Egy Maulana Vikri mulai memperlihatkan tajinya. Terbaru dia mencetak dua gol ke gawang MSK Zilina dan membantu timnya menang 1-0 atas Liptovsky Mikulas.

Hasil manis yang didapat Egy saat memperkuat Senica itulah yang membuat namanya terpilih sebagai pemain terbaik Asia pekan ini. Pemilihan itu dilakukan secara voting lewat tajuk The Best AFC International, Player of The Week yang dimulai Rabu (1/12/2021) sampai Sabtu (4/12/2021).

Egy menang dengan poin mutlak dari pemain asia Lainnya. Playmaker berusia 21 tahun itu mengumpulkan hasil pengumpulan suara sebesar 92,28 persen.

Pemuda kelahiran Medan tersebut mengalahkan pemain asal Irak, Justin Meram, yang saat ini tengah berkarier di klub Amerika Serikat, Real Salt Lake. Tercatat Meram hanya mendapatkan 4,08 persen suara.

Perlu diketahui bahwa Meram merupakan pemegang suara terbanyak nomor dua setelah Egy. Jumlah tersebut sangat signifikan dan memastikan Egy sebagai pemenang.

Di peringkat ketiga ada Oday Dabbagh yang bermain di Liga Portugal bersama FC Arouca. Pemain berkebangsaan Palestina itu hanya meraih 1,43 persen suara.

Menarik, karena berkat perolehan suara itu membuat Egy mengalahkan bek Arsenal berkebangsaan Jepang, Takehiro Tomiyasu. Eks pemain Bologna itu hanya memperoleh 0,9 persen saja.

Sebuah kebanggaan tentunya mengingat Tomiyasu sejauh ini dikenal sebagai pemain konsisten di Arsenal. Data Whoscored menyebutkan bek kanan berusia 23 tahun tersebut berada di urutan keempat sebagai salah satu pemain Arsenal yang bermain baik di Liga Inggris 2021/2022.

Sejak berkarier di Eropa pada 2018 lalu, ini merupakan kali pertama Egy mendapatkan penghargaan Asia. Ini tak lepas dari penampilan apik Egy melawan MSK Zilina dalam lanjutan Liga Slowakia pekan lalu. Dalam laga tersebut Egy bermain sebagai starter dan mencetak dua gol.

Berikut hasil jajak pendapat pemain terbaik Asia periode 24-30 November 2021:

1. Egy Maulana Vikri (Indonesia, FK Senica) 92,28 persen
2. Justin Meram (Irak, Real Salt Lake) 4,08 persen
3. Oday Dabbagh (Palestina, Arouca) 1,43 persen
4. Takehiro Tomiyasu (Jepang, Arsenal) 0,9 persen
5. Musa Al Taamari (Yordania, OH Leuven) 0,44 persen
6. Aias Aosman (Suriah, Ionikos) 0,34 persen
7. Cameron Devlin (Australia, Heart of Midlothian) 0,2 persen
8. Hiroki Ito (Jepang, Stuttgart) 0,14 persen
9. Kaoru Mitoma (Jepang, Union Saint-Gilloise) 0,11 persen
10. Atomu Tanaka (Jepang, HJK Helsinki) 0,09 persen

Artikel Asli