Daftar Pemain Bola Legendaris yang Menjadi Pelatih, Ada Si Spesialis Liga Champions

Olahraga | inewsid | Published at Jumat, 03 Desember 2021 - 08:16
Daftar Pemain Bola Legendaris yang Menjadi Pelatih, Ada Si Spesialis Liga Champions

MANCHESTER, iNews.id - Daftar pemain bola legandaris yang menjadi pelatih begitu banyak. Sebagian sukses, dan ada pula yang sebaliknya.

Tak jarang pemain bintang terkenal memiliki karier yang kurang apik ketika duduk di kursi pelatih.

Misal saja Thiery Henry. Siapa yang tidak tahu pemain legendaris Arsenal ini. Dia sempat menjabat sebagai pelatih setidaknya dua klub yakni AS Monaco dan Montreal Impact. Dari total 49 pertandingan, dia hanya menang 14 kali, 8 seri, dan 27 kali kalah.

Namun ada pula pemain legendaris yang punya karier cemerlang di kuri pelatih. Sebut saja seperti Steven Gerrard. Mantan pemain Liverpool itu berhasil membawa Rangers FC menjuarai Liga Skotlandia pada musim 2020-2021 tanpa kekalahan sekalipun.

Berikut daftar pemain bola legendaris yang menjadi pelatih:

1. Ole Gunnar Solskjaer

Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. (Foto: REUTERS)

Ole Gunnar Solskjaer adalah mantan pemain Manchester United era Alex Ferguson. Sayangnya, dia tak bisa meneruskan kesuksesan mantan bosnya.

Sebagai pelatih, dia bercerai dengan The Red Devils -julukan Manchester United karena rentetean hasil minor di musim ini. Pencapaian terbaiknya hanya menjadi runner up Liga Inggris 2020-2021, dan Liga Europa di musim yang sama.

2. Frank Lampard

Frank Lampard. (Foto/Reuters)

Frank Lampard mantan pemain legendaris Chelsea. Dia diboyong ke Stamford Bridge pada 2001 silam sebelum pindah ke Manchester City musim 2014. Tiga tahun berselang, dia diangkat sebagai pelatih di Chelsea periode 2019.

Kendati begitu, masa jabatannya ternyata tak sampai dua musim dan langsung digantikan Thomas Tuchel. Tapi setidaknya dia berhasil membangun pondasi mantan timnya itu dengan kekuatan pemain muda berpotensial.

3. Pep Guardiola

Pelatih Manchester City Pep Guardiola punya rekor bagus di laga fina. (Foto: Ist)

Siapa yang tak kenal Pep Guardiola, pelatih yang sudah mencetak banyak trofi untuk klub yang dinaunginya. Ya, Guardiola adalah mantan pemain dari tim Catalan. Ia dipromosikan dari tim muda Barcelona pada tahun 1991, dan hengkang ke brescia pada 2001 lalu.

Menariknya, karier perdananya sebagai pelatih ialah Barcelona, dengan tiki-takanya. Seperti yang diketahui, ia adalah pelatih yang membawa Barcelona di era kesuksesannya, pada periode 2008 hingga 2012 lalu.

4. Johan Cruyff

Johan Cruyff Saat Masih Bermain bagi Barcelona (foto: Blaugrana)

Johan Cruyff mantan pemain Ajax Amsterdam dan Barcelona. Tak hanya sebagai pemain, dia juga sukses sebagai pelatih lewat filosofi Total Football miliknya.

Setelah mengangkat Piala Winners UEFA bersama Ajax pada tahun 1987, Cruyff menjabat sebagai pelatih di Barcelona dan memenangkan Liga Champions pertama klub pada tahun 1992.

5. Zinadine Zidane

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane mengakui timnya kewalahan melawan Atalanta meski akhirnya menang 1-0, Kamis (25/2/2021) dini hari WIB. (Foto: Reuters)

Zinadine Zidane sendiri merupakan mantan pemain legendaris Juventus dan Real Madrid. Dia memiliki karier yang sukses selama menjadi pemain di dua klub tersebut.

Menariknya, pria yang kini sedang menganggur itu sangat sukses kala menjabat sebagai pelatih. Bagaimana tidak, dia membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions tiga musim beruntun.

Artikel Asli