Profil Denny Sumargo: Dari Karate, Striker PSM Jr hingga Legenda Basket Indonesia

Olahraga | inewsid | Published at Jumat, 03 Desember 2021 - 00:50
Profil Denny Sumargo: Dari Karate, Striker PSM Jr hingga Legenda Basket Indonesia

JAKARTA, iNews.id - Profil Denny Sumargo menarik untuk diulas. Pria kekar satu ini pernah menekuni berbagai jenis olahraga sebelum akhirnya menjadi legenda basket Indonesia.

Legenda kelahiran 1981 itu telah aktif dalam kegiatan olahraga sejak SMA. Karate menjadi cabang olahraga pertama yang ditekuni Denny Sumargo. Bahkan dirinya mampu mendapatkan sabuk biru.

Setelahnya Denny Sumargo banting setir ke dunia olahraga yang lebih populer, yaitu sepak bola. Untuk mengasah kemampuannya, dia memutuskan untuk bergabung dengan PSM Jr.

Saat itu, Denny Sumargo memiliki posisi sebagai striker di PSM Jr. Bahkan legenda basket yang sempat dikabarkan dekat dengan penyanyi ternama Indonesia, Agnez Mo, tersebut, mampu menjadi top skor.

Denny Sumargo memilih posisi terdepan dalam sebuah tim tersebut bukan tanpa alasan. Dirinya ternyata senang untuk beradu sprint dengan pemain bek lawan dan menunjukan kemampuannya untuk mencetak gol.

Namun setelah dua tahun berkecimpung di dunia sepak bola, Denny Sumargo kembali mengubah haluannya jadi pemain basket. Dalam olahraga tersebut, dia mampu menunjukan kemampuannya dan menjadi dikenal oleh masyarakat luas Indonesia.

Pindah cabang olahraga bukan menjadi perkara yang mudah untuk Denny Sumargo. Dirinya sempat kesulitan untuk menjadi salah satu pemain basket andal Tanah Air.

Meski begitu, Denny Sumargo tidak menyerah dan terus berlatih untuk menunjukan kemampuan terbaiknya di lapangan. Seiring berjalannya waktu dia dipercaya untuk ikut ke dalam tim PON Sumatera Selatan pada 2000.

Denny Sumargo sempat memperkuat Aspac. Kemudian Satria Muda hingga Garuda Bandung.

Tak cuma di level klub. Denny Sumargo juga memperkuat Timnas Basket Indonesia. Dia menjadi langganan skuad Merah Putih ketika berlaga di arena internasional.

Selama berkarier di dunia basket profesional Indonesia, Denny Sumargo merebut enam gelar juara. Tiga kali dia terpilih sebagai Most Valuable Player (MVP), dan dua kali didapuk sebagai the best defender.

Walau kini sudah pensiun, wajah fans Michael Jordan dan Kobe Bryant itu tetap sering muncul di publik lantaran aktif di dunia entertainment. Denny Sumargo kini aktif menjadi presenter, Youtuber dan sempat membintangi beberapa film Indonesia seperti Hattrick, 5 cm, Kartini, dan masih banyak lagi.

Artikel Asli