Sama-Sama Prestisius, Ini Perbedaan Ballon d`Or dan The Best FIFA

Olahraga | skor.id | Published at Jumat, 26 November 2021 - 09:59
Sama-Sama Prestisius, Ini Perbedaan Ballon d`Or dan The Best FIFA

SKOR.id - Memasuki akhir tahun, pecinta sepak bola menanti-nanti pengumuman dua penghargaan individu paling bergengsi.

Ada dua penghargaan individu yang paling diperebutkan para pesepak bola dunia, yaitu Ballon dOr dan The Best FIFA.

Penghargaan ini sebenarnya sempat dileburkan menjadi satu pada 2010 hingga 2015, ketika FIFA dan France Football, selaku penggagas Ballon dOr memutuskan berpisah.

Sama-sama prestisius, tapi sebenarnya memiliki beberapa perbedaan. Lalu apa saja perbedaan antara keduanya, simak penjelasan berikut ini.

The Best FIFA

The Best FIFA Awards digagas oleh FIFA pada 2016 setelah bercerai dengan France Football. Dalam penghargaan ini dibagi menjadi lima yaitu untuk pemain pria terbaik, pemain wanita terbaik, pelatih pria terbaik, pelatih wanita terbaik, hingga kiper terbaik.

The Best FIFA Awards akan menilai pencapaian seorang pemain di sepanjang tahun tersebut. Selain performa di lapangan, sikap pemain secara umum baik di dalam dan luar lapangan menjadi bahan pertimbangan.

Dalam proses penentuan pemenang, The FIFA Awards melakukan dua tahapan. Pertama, panel pengamat sepak bola memiliki 11 nomine. Lalu pada tahap kedua, jurnalis khusus tiap negara, penggemar melalui internet, dan kapten serta penyeleksi timnas turut berpartisipasi.

Dengan demikian, masing-masing kelompok menyumbang 25 persen dari total. Pemungutan suara ini dimulai pada 25 November dan berakhir pada 9 Desember.

The Best FIFA Awards memiliki 11 kategori penghargaan, yaitu pemain pria terbaik, pemain wanita terbaik, pelatih pria terbaik, pelatih wanita terbaik, kiper pria terbaik, kiper wanita terbaik, Puskas Award, penghargaan untuk fans terbaik, Fair Play Award, FIFA FIFPro World11 Men dan FIFA FIFPro World11 Women.

Mengenai trofi, The Best FIFA Awards memiliki trofi seberat 6,4 kg dan tinggi 31 cm. Terdiri dari alas dan badan silinder yang menghubungkan bagian bawah dengan bola.

Bentuk trofi The FIFA ini juga terinspirasi bentukan bola di final Piala Dunia pertama pada 1930 yaitu antara Argentina dan Uruguay. Trofi The Best FIFA Award juga berlapis perak.

Ballon dOr

Ballon dOr adalah penghargaan sepak bola tahunan yang dipersembahkan majalah Prancis, France Football.

Seperti The Best FIFA Awards, memilih pemenang Ballon dOr juga dilakukan melalui dua tahapan.

Pertama, tim editorial France Football memilih 30 pemain untuk masuk ke dalam nominasi awal. Pada fase kedua, juri internasional yang terdiri dari jurnalis khusus tiap negara memilih lima pemain dari daftar tersebut dan memberi mereka poin 6, 4, 3, 2, dan 1.

Namun, jika biasanya memberikan penghargaan kepada empat kategori (pemain pria, pemain wanita, pemain muda, dan kiper terbaik), France Football memutuskan akan menetapkan 11 terbaik sepanjang masa dan Ballon dOr Dream Team.

France Football menegaskan bahwa Ballon d'Or adalah penghargaan yang berdasarkan tiga kriteria, yaitu penampilan individu dan kolektif (gelar) sepanjang tahun itu, bakat dan fair play pemain, serta karier seorang pemain.

Meski demikian, France Football tidak mau berhenti berinovasi. Mereka juga menambahkan kategori berbarengan dengan penghargaan Ballon dOr diberikan.

Tambahan kategori itu adalah pemberian Golden Ball untuk pesepak bola pria dan wanita terbaik, sementara tiga tahun silam juga diperkenalkan Kopa Trophy yang diberiakan kepada pemain terbaik di bawah usia 21. Kylian Mbappe (2018) dan Matthijs de Ligt (2019) memenangi penghargaan ini di dua tahun perdana.

Sementara perebutan Yashin Trophy juga dimulai sejak 2019 silam, yang dimenangkan Alisson Becker keluar sebagai pemenang. Nantinya, penghargaan untuk kiper terbaik juga akan diberikan setiap tahun.

Trofi Ballon dOr berbentuk seperti bola dengan tinggi 31 sentimeter dan panjang serta lebar 23 sentimeter. Beratnya 7,2 kilogram dan melekat pada bagian alas. Seluruh piala ini berlapis emas, sesuai dengan namanya.

Kapan dan Di Mana Penghargaan Ini Diberikan

The Best FIFA Awards diciptakan pada 2016, namun lokasi serta pengumuman pemenang penghargaan tidak sama setiap tahunnya.

Pada edisi pertama digelar di Zurich, sementara di 2017 dan 2018 diselenggarakan di London, tepatnya di Royal Festival Hall.

Lalu pada 2019 yang merupakan edisi keempat, La Scala Theater di Milan, Italia, terpilih sebagai tempat menyelanggarakan The Best FIFA Awards.

Sebaliknya, Ballon dOr biasanya digelar di Paris, tempat yang dipilih France Football untuk memberikan penghargaan kepada pemain terbaik tahun ini.

Pemenang penghargaan Ballon d'Or 2021 akan diumumkan pada Senin (29/11/2021).

Berita Ballon d'Or Lainnya

Melihat Kans Riyad Mahrez dan Mohamed Salah untuk Menyabet Trofi Ballon d'Or 2021

Mengupas Kedekatan dan Kutukan Pemain Terbaik Piala Dunia di Penghargaan Ballon d'Or

&
Artikel Asli