Greysia /Apriyani Melaju, Febriana/Amalia Buat Kejutan

Olahraga | koran-jakarta.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 06:59
Greysia /Apriyani Melaju, Febriana/Amalia Buat Kejutan

NUSA DUA - Ganda putri unggulan kedua Greysia Polii/Apriyani Rahayu melaju ke perempat final Indonesia Open 2021 setelah mengalahkan rekan senegara Fitriani/Yulia Yosephine Susanto dengan dua gim langsung 21-10, 21-15 di Nusa Dua, Bali, Kamis (25/11). Adapun pasangan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi membuat kejutan besar dengan mengalahkan unggulan kedelapan asal Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Menghadapi Fitriani/Yulia, Greysia/Apriyani menuturkan hanya ingin bermain sebaik mungkin menghadapi siapapun lawan di turnamen tingkat Super 1000 ini. "Kami hanya ingin tampil yang terbaik, tidak hanya di lapangan tapi juga persiapannya. Kami siap menghadapi siapapun," kata Greysia.

Meski bisa menang dengan dua gim langsung atas pemain non-unggulan, namun peraih medali emas Olimpiade Tokyo ini mendapat perlawanan ketat dari lawannya.

Pada turnamen yang berlangsung pada 23-28 November ini, Greysia/Apriyani mengaku sangat fokus agar bisa menjalani pertandingan. Mereka juga berambisi untuk meraih gelar di Indonesia Open.

Pada babak perempat final, Greysia/Apriyani masih menanti calon lawan namun dipastikan akan menghadapi ganda putri asal Jepang, yaitu antara unggulan ketujuh Mayu Matsumoto/Ayako Sakuramoto dan Rin Iwanaga/Kie Nakanishi.

Adapun Febriana/Amalia yang merupakan pelapis ganda putri Indonesia itu dipaksa bermain hingga tiga gim sebelum akhirnya mampu menjinakkan permainan lambat Pearly/Thinaah dengan skor akhir 14-21, 22-20, 21-17 dalam waktu lebih dari satu jam.

Ini menjadi kemenangan perdana Febriana/Amalia atas Pearly/Thinaah dari dua pertemuan mereka. Pasangan Indonesia sebelumnya pernah dikalahkan duet Negeri Jiran itu pada perhelatan Indonesia International Challenge 2019 di Magelang, Jawa Tengah.

Pada laga delapan besar turnamen berhadiah total 850 ribu dolar AS, Jumat, Febriana/Amalia bakal ditantang unggulan keempat asal Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida, yang menekuk duet tangguh Thailand Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai, 21-17, 21-16.

Di sektor ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon juga sukses menuntaskan pertarungan ketat melawan Choi Solgyu/Kim Wonho yang berakhir dengan rubber game.

Dalam laga berdurasi 60 menit ini, Minions sempat tertinggal di gim pertama, tetapi bisa membalikkan keadaan dan mengemas skor akhir 12-21, 21-19, 21-18.

Di perempat final, Marcus/Kevin akan menghadapi wakil Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Langkah Marcus/Kevin juga diikuti Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menang atas kompatriotnya, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana 21-11,21-10.

Namun, pasangan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dihentikan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi 25-23, 27-25.

Kegagalan juga dialami wakil tunggal putra Indonesia, yaitu Shesar Hiren Rhustavito yang mengalami cedera lutut sehingga memaksanya mundur dari pertandingan saat melawan Rasmus Gemke di gim pertama. Namun, Jonatan Christe berhasil melaju setelah menang atas kompatriotnya, Chico Aura Dwi Wardoyo 21-11, 21-12.

Kekalahan juga dialami tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang takluk 21-11, 9-21, 20-22 dariPornpawee Chochuwong. ben/Ant/S-2

Artikel Asli