Lisbon Depak Dortmund dari Liga Champions

Olahraga | koran-jakarta.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 06:48
Lisbon Depak Dortmund dari Liga Champions

LISBON - Pedro Goncalves mencetak dua gol saat Sporting Lisbon mengalahkan 10 pemain Borussia Dortmund 3-1 pada laga Grup C Liga Champions di Estadio Jose Alvalade, Kamis (25/11) dini hari WIB. Kemenangan itu membuat Lisbon melaju ke babak 16 besar Liga Champions sekaligus mengakhiri harapan Dortmund untuk melaju ke babak sistem gugur.

Sporting mendapat margin kemenangan dua gol yang mereka butuhkan untuk mencapai babak 16 besar untuk pertama kalinya sejak musim 2008-2009 di belakang juara grup C Ajax Amsterdam.

Kekalahan tandang ini membuat Dortmund yang berada di posisi ketiga menuju ke babak sistem gugur Liga Europa. "Mereka lebih konsisten dan tanpa kompromi dalam situasi yang menentukan," ujar pelatih Dortmund Marco Rose. "Kami kebobolan terlalu mudah dan membuat terlalu banyak kesalahan," sambungnya.

Wakil Bundesliga itu melemah karena absennya pemain depan produktif Erling Braut Haaland yang cedera. Pemain sayap Sporting Goncalves, yang juga mencetak dua gol dalam kemenangan 4-0 atas Besiktas, bisa saja mencetak hattrick , tetapi penaltinya digagalkan.

Pemain pengganti Dortmund di babak kedua, Emre Can, diusir keluar lapangan karena melakukan pelanggaran saat pertandingan menyisakan 16 menit. Striker Dortmund asal Belanda Donyell Malen memberi harapan singkat kepada tim tamu dengan gol hiburan di menit akhir.

Itu adalah malam yang pahit bagi klub asal Jerman, yang telah kalah tiga kali berturut-turut di Liga Champions untuk pertama kalinya. "Kami tersingkir, itulah kenyataan pahit," ucap kapten Dortmund Marco Reus.

Sudah kehilangan Haaland yang absen karena cedera pinggul jangka panjang, Dortmund juga tanpa bek kunci Mats Hummels. Dia diskors setelah dikeluarkan dari lapangan dalam kekalahan kandang 1-3 dari Ajax. ben/AFP/S-2

Artikel Asli