Melihat Kans Riyad Mahrez dan Mohamed Salah untuk Menyabet Trofi Ballon d`Or 2021

Olahraga | skor.id | Published at Jumat, 26 November 2021 - 06:03
Melihat Kans Riyad Mahrez dan Mohamed Salah untuk Menyabet Trofi Ballon d`Or 2021

SKOR.id -Melihat kesempatan pemain asal Afrika untuk memenangkan penghargaan Ballon d'Or 2021.

Penganugerahan gelar Ballon d'Or 2021 tinggal menghitung hari, yakni pada Senin (29/11/2021) di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis.

Seperti diketahui, penghargaan ini kembali diadakan setelah tahun lalu "vakum" lantaran kasus Covid-19 yang sedang tinggi.

Sepanjang sejarahnya, hanya ada satu pemain asal Afrika yang berhasil memenangkan penghargaan ini.

Adalah George Weah, pemain kelahiran Liberia yang sukses merebut trofi Ballon d'Or edisi tahun 1995 silam.

George Weah mendapatkan gelar tersebut berkat performanya bersama Paris Saint-Germain kemudian AC Milan.

Pemain berposisi penyerang itu mengalahkan bintang Bayern Munchen, Jurgen Klinsmann dan pemain Ajax Amsterdam, Jari Litmanen.

Dalam gelaran Ballon d'Or tahun ini, ada dua pemain asal Afrika yang masuk dalam nominasi, yakni Mohamed Salah dan Riyad Mahrez.

Lantas, seberapa besar peluang dua nama ini untuk memenangkan penghargaan Ballon d'Or? Berikut sedikit ulasannya.

Untuk Riyad Mahrez, peluangnya untuk memenangkan trofi ini bisa dibilang cukup besar melihat performanya bersama Manchester City.

Riyad Mahrez memiliki peran yang cukup vokal dalam keberhasilan timnya menjuarai Liga Inggris dan Piala Liga Inggris musim 2020-2021 serta menjadi runner up Liga Champions di musim yang sama.

Pemain asal Aljazair itu tercatat tampil dalam 48 pertandingan di berbagai ajang pada musim tersebut ditambah 17 laga sepanjang musim ini.

Sedangkan untuk Mohamed Salah, bintang Liverpool ini tidak berhasil mengangkat trofi apapun sepanjang tahun ini.

Akan tetapi, Mohamed Salah cukup gemilang dari segi individu dengan mencetak 31 gol di Liga Inggris musim lalu ditambah 17 gol musim ini.

Pemain asal Mesir ini juga berhasil merebut gelar individu seperti Pemain Terbaik Liga Inggris pilihan fans dan masuk dalam starting XI terbaik Liga Inggris musim 2020-2021.

Lebih lanjut, Mohamed Salah juga dinilai layak memenangkan Ballon d'Or tahun ini oleh sejumlah tokoh sepak bola termasuk rekan setimnya, Alisson Becker.

"Tentu saja. Dia layak mendapatkannya atas apa yang sudah ia tunjukkan. Tidak hanya musim ini, dia pemain yang sangat konsisten," kata Alisson.

"Tentunya Anda tidak dapat memilih Messi atau Ronaldo untuk Ballon d'Or, mungkin Mbappe atau Salah, tapi yang terakhir adalah yang terbaik," ucap eks pemain Chelsea, Gus Poyet.

Salah satu eks timnas Inggris, Paul Parker juga memasukkan nama Mohamed Salah dalam calon kuat peraih Ballon d'Or tahun ini.

Menurutnya, Mohamed Salah adalah sosok penting di skuad Liverpool yang perannya tidak bisa digantikan oleh pemain lain.

4 Calon Kuat Peraih Ballon d'Or 2021 Versi Eks Timnas Inggris, Tidak Ada Cristiano Ronaldo

&
Artikel Asli