Hasil Liga Europa 2021/2022: Gol Immobile Bungkam Lokomotiv Moscow, Kans Lazio ke 16 Besar

Olahraga | sindonews | Published at Jumat, 26 November 2021 - 02:41
Hasil Liga Europa 2021/2022: Gol Immobile Bungkam Lokomotiv Moscow, Kans Lazio ke 16 Besar

MOSCOW - Lazio membuka kans melaju ke babak 16 besar Liga Europa 2021/2022 usai membungkam Lokomotiv Moscow pada matchday 5 Grup E. Pasukan Maurizio Sarri menang 3-0 di RZD Arena, Jumat (26/11/2021) dini hari WIB.

Keberhasilan Lazio membuka kans ke babak 16 besar tak lepas dari hasil laga Galatasaray yang menjamu Olympique Merseille di NEF Stadyumu, Istanbul, Turki. Tuan rumah menang 4-2.

Dengan demikian, Galatasaray juga membuka kans lolos ke babak 16 besar setelah memuncaki klasemen sementara dengan 11 poin. Lazio di bawahnya dengan delapan angka. Sedangkan Marseille di peringkat 3 dengan empat poin, dan Lokomotiv di bawahnya dengan dua angka.

Pemuncak klasemen mendapat tiket otomatis ke babak 16 besar sedangkan runner-up akan menjalani laga play-off melawan peringkat 3 grup Liga Champions 2021/2022. Penentuan juara Grup E akan ditentukan pada matchday 6 antara Lazio vs Galatasaray. Lazio butuh menang 1-0 untuk juara grup dan lolos otomatis ke 16 besar.

Lazio sempat kesulitan mencetak gol di babak pertama melawan Lokomotiv. Kedua kubu kesulitan memecah kebuntuan hingga membuat babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Tiga gol Lazio tercipta di babak kedua dikemas Ciro Immobile dari titik penalti pada menit ke-56 dan 63, lalu Pedro Rodriguez menit ke-87.

Jalannya pertandingan babak pertama, meski berstatus tim tamu, skuat asuhan Maurizio Sarri sukses tampil dominan pada awal babak pertama. Ciro Immobile dan kawan-kawan memegang penguasaan bola hingga 67 persen saat laga baru berjalan 17 menit.

Namun, Le Aquile -julukan Lazio- baru mampu mencatat sebiji peluang hingga menit ke-20. Peluang itu muncul lewat skema tendangan pojok oleh Francesco Acerbi pada menit ke-12. Sundulannya masih terbilang lemah dan mudah diantisipasi oleh Sergei Khudyakov di bawah mistar.

Tendangan pojok Lazio nampaknya memang berbahaya. Pasalnya, dua peluang beruntun kembali didapat dari skema itu pada menit ke-24. Namun percobaan tersebut masih terus bisa dipatahkan oleh tim tuan rumah.

Di sisi lain, Lokomotiv Moscow bukan tanpa perlawanan. Mereka juga kerap kali membuat kerepotan lewat serangan yang dibangunnya. Namun, mereka sempat kebingungan saat menusuk ke jantung pertahanan Lazio. Hal itu karena tim tamu tampil kokoh dan disiplin.

Karena kedua kubu kesulitan, tak ada gol yang terjadi hingga peluit jeda turun minum dibunyikan. Skor kaca mata tetap terjaga hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, pertarungan di babak kedua tak beda jauh dari babak yang pertama. Anak asuh Sarri masih memegang kendali permainan lewat penguasaan bola. Namun, intensitas serangan mereka lebih cepat dari sebelumnya.

Serangan balik yang dibangun Immobile dan kawan-kawan lebih berbahaya dari babak pertama. Terbukti mereka berhasil membuat repot pintu pertahanan tim Tuan Rumah hingga harus beberapa kali dilanggar.

Sayangnya, pelanggaran yang dilakukan malah terbilang fatal. Mereka dua kali membuat Lazio mendapatkan hadiah penalti dari apa yang diperbuat pemain bertahannya pada menit ke-56 dan 63'. Sebagai algojo, Immobile berhasil memecah kebuntuan serta menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Di sisi lain, tim Tuan Rumah juga kerap kali membuat peluang guna memecah kebuntuan. Namun, mereka nampak sial meski bermain di markas sendiri lantaran enam percobaan tembakannya lima kali melenceng dan hanya sekali mengarah ke gawang.

Alih-alih mempersempit kedudukan, mereka malah kembali kecolongan jelang peluit panjang dibunyikan. Tendangan Pedro di luar kotak penalti pada menit ke-88' dibelokkan oleh salah satu pemain bertahan tuan rumah dan terpental ke gawang.

Dengan begitu, Lazio berhasil menang telak dengan skor 3-0 di RZD Arena, Moskow. Pasalnya tak ada gol tambahan hingga pertandingan berakhir.

Susunan Pemain

Lokomotiv Moscow (4-3-3): Khudyakov; Rybus, Murlo. Jedvaj, Nenakhov (Silyanov 28'); Beka beka, Barinov, Maradishvilli (Zinovich 77'); Rybchinskii (Smolov 59'), Lisakovich, Kamano (Borisenko 77')

Pelatih : Markus Gisdol

Lazio (4-3-3): Strakosha; Patric, Luiz Felipe, Acerbi, Hysaj; Luis Albertio (Savic 59'), Lucas Leiva (Cataldi 59'), Basic; Felipe Anderson (Pedro 46'), Immobile (Muriqi 66'), Zaccagni (Lazzari 82')

Pelatih : Maurizio Sarri

Artikel Asli