Hasil Liga Europa 2021/2022: Galatasaray Hancurkan Mimpi Marseille ke Babak 16 Besar

Olahraga | sindonews | Published at Jumat, 26 November 2021 - 03:30
Hasil Liga Europa 2021/2022: Galatasaray Hancurkan Mimpi Marseille ke Babak 16 Besar

ISTANBUL - Olympique Marseille gagal ke babak 16 besar usai dikalahkan Galatasaray pada matchday 5 Grup E Liga Europa 2021/2022. Les Phoceens julukan Marseille- dibungkam tuan rumah 2-4 di NEF Stadyumu, Istanbul, Turki, Jumat (26/11/2021) dini hari WIB.

Marseille di peringkat 3 klasemen Grup E dengan empat poin, dan gagal ke babak 16 besar dalam sisa satu pertandingan. Galatasaray berpeluang lolos ke babak 16 besar setelah memuncaki klasemen sementara dengan 11 poin ditemani Lazio yang bertengger di bawahnya dengan delapan angka. Sedangkan Marseille Lokomotiv Moscow juru kunci dengan dua angka.

Pemuncak klasemen mendapat tiket otomatis ke babak 16 besar sedangkan runner-up akan menjalani laga play-off melawan peringkat 3 grup Liga Champions 2021/2022. Penentuan juara Grup E akan ditentukan pada matchday 6 antara Lazio vs Galatasaray. Lazio butuh menang 1-0 untuk juara grup.

Marseille banyak membuang-buang peluang baik di babak pertama maupun di babak kedua kontra Galatasaray.

Berbeda dengan tuan rumah yang memiliki penyelesaian akhir yang baik sehingga bisa mencetak tiga gol lewat A. Cicaldau, S. Feghouli dan Ryan Babel, serta gol bunuh diri D. Caleta-Car.

Jalannya pertandingan babak pertama, Marseille sudah berada dalam tekanan Galatasaray di awal. Mereka kesulitan menguasai bola untuk membangun serangan.

Sebelas menit laga berjalan, Galatasaray mampu menjebol gawang tim tamu. A. Cicaldau melesatkan tendangan mendatar ke arah sudut kiri bawah gawang yang tidak bisa dijangkau oleh Pau Lopez.

Delapan menit kemudian, Luan Peres nyaris menyamakan kedudukan. Namun tendangan kaki kirinya hanya membentur tiang gawang.

Kemudian, giliran Bamba Dieng pada menit 23 yang mengancam gawang tim tuan rumah. Tetapi, tandukannya yang menyambut umpan Pol Lirola mengarah tepat ke pelukan Muslera.

Setengah jam laga berlangsung, Galatasaray berhasil memperlebar keunggulan menjadi dua gol. Kali ini gol datang dari Caleta-Car yang menceploskan bola ke gawangnya sendiri.

Di 10 menit akhir babak pertama, Marseille mendapatkan beberapa peluang lewat Dieng tapi tidak ada yang berbuah gol. Alhasil, babak pertama pun ditutup dengan skor 2-0 untuk keunggulan Galatasaray.

Memasuki babak kedua, Marseille berusaha mengejar ketertinggalan. Mereka langsung mendapatkan peluang lewat Dieng saat babak kedua baru berjalan dua menit. Namun, tendangan kaki kanannya lagi-lagi masih belum tepat sasaran.

Setelah itu, pertandingan berlansung ketat. Kedua tim saling jual beli serangan untuk mencetak gol.

Pada menit 64, Galatasaray berhasil mencetak gol ketiga mereka lewat Sofiane Feghouli. Mantan pemain West Ham United itu melesatkan tendangan kaki kanan dari jarak dekat untuk merobek jala Marseille.

TIga menit berselang, Dieng dijatuhkan di kotak terlarang oleh Muhammed Kerem Akturkoglu dan wasit pun menunjuk titik putih. Namun, Arkadiusz Milik yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal melakukan tugasnya dengan baik, sepakannya yang mengarah ke kiri gawang bisa diselamatkan Muslera.

Akan tetapi, Milik mampu membayar kegagalannya semenit kemudian. Kali ini, lewat kemelut yang dihasilkan dari tendangan bebas, mantan pemain Ajax Amsterdam itu menendang bola dengan keras dari jarak dekat yang mampu merobek gawang Galatasaray.

Tujuh menit jelang waktu normal usai, Ryan Babel mempelebar keunggulan Galatasaray. Mantan pemain Liverpool itu menempatkan bola ke sudut kanan atas sehingga tidak bisa dijangkau oleh Pau Lopez.

Pada menit 85, Milik mencetak gol keduanya pada laga tersebut. Namun, gol itu tidak mampu menyelamatkan timnya dari kekalahan karena Marseille tidak mampu mencetak gol lagi hingga peluit panjang dibunyikan.

Susunan pemain

Galatasaray (4-4-3): F. Muslera; P. van Aanholt, Marcao, V. Nelsson, D. Yedlin; A. Cicaldau, B. Kutlu, T. Antalyali; K. Akturkoglu, M. Diagne, S. Feghouli

Cadangan : Mostafa, A. Babacan, R. Babel, O. Bayram, H. Dervisoglu, B. Elmaz, E. Kilinc, C. Luyindama, O. Morutan, B. Yilmaz, I. Cipe, A. Ozturk.

Marseille (4-4-2): Pau Lopez; Luan Peres, D. Caleta-Car, W. Waliba, Pol Lirola; B. Kamara, P. Gueye, Gerson, M. Guendouzi; A. Milik, C. Dieng.

Cadangan : J. Amavi, L. Balerdi, U. Bertelli, K. De La Fuente, A. Gonzales, A. Harit, S. Mandanda, S. Ngapandouetnbu, J. Pitou, P. Sciortino, L. Henrique, C. Under.

Artikel Asli