Kilas Balik Piala Tiger 1996: Timnas Indonesia Lolos Semifinal Sebagai Juara Grup A

Olahraga | skor.id | Published at Kamis, 25 November 2021 - 14:17
Kilas Balik Piala Tiger 1996: Timnas Indonesia Lolos Semifinal Sebagai Juara Grup A

SKOR.id - Timnas Indonesia lolos menuju semifinal Piala Tiger 1996 sebagai juara Grup A dengan torehan 10 poin.

Hasil dua pertandingan akhir fase penyisihan Grup A Piala Tiger 1996 berbeda dengan dua pertandingan awal.

Timnas Indonesia gagal menyapu bersih seluruh pertandingan dengan kemenangan. Pada laga terakhir mereka hanya mampu bermain imbang melawan Vietnam.

Setelah berhasil mencukur Laos dan Kamboja, pada partai ketiga timnas Indonesia pun pesta gol ke gawang Myanmar dengan skor 6-1.

Pesta gol ke gawang Myanmar tersebut terjadi di Stadion Jurong, pada 9 September 1996.

Kapten timnas Indonesia, Fakhri Husaini, dan Peri Sandria menunjukkan kualitasnya. Masing-masing dari mereka menyumbangkan dua gol.

Sementara dua gol lainnya diciptakan Ansyari Lubis serta Eri Irianto. Myanmar mendapat gol hiburan yang dicetak Maung Maung Htay.

Tiga kali kemenangan beruntun diraih timnas Indonesia di fase grup. Poin 9 sudah dikantongi sehingga hanya perlu satu poin untuk lolos ke semifinal Piala Tiger 1996 sebagai juara Grup A.

Pelatih timnas Indonesia era Piala Tiger 1996, Danurwindo, ternyata tidak memaksakan anak asuhnya untuk bisa meraih kemenangan pada pertandingan terakhir fase penyisihan kala itu.

Hal itu diketahui saat menghadapi Vietnam di Stadion Jurong pada 11 September 1996, Danurwindo memilih untuk melakukan rotasi pemain.

Hasilnya, timnas Indonesia hanya mampu bermain imbang dengan skor 1-1. Gol tunggal Tim Garuda diciptakan Kurniawan Dwi Yulianto pada menit ke-43.

Sementara, gol balasan Vietnam tercipta melalui sepakan penalti Vo Hoang Buu pada menit ke-77.

Timnas Indonesia pun lolos ke semifinal Piala Tiger 1996 dengan status juara Grup A dan mengantongi 10 poin, hanya terpautduapoin dari Vietnam di tempat kedua.

Saat dihubungi Skor.id , Kamis (16/4/2020), Ansyari Lubis, gelandang timnas Indonesia pada Piala Tiger 1996, mengenang momen sebelumlagamelawan Vietnam.

"Ketika melawan Vietnam, Indonesia sudah pasti lolos. Kalau tidak kalah atau mendapatkan hasil imbang saja kami menjadi juara grup dan lolos ke semifinal, karena selisih gol kami lebih bagus," ujar Ansyari.

"Ketika kami menghadapi Vietnam juga kami mainnya tidak full-team . Coach Danurwindo melakukan rotasi waktu itu, jadi hasil itu juga sudah cukup baik," Ansyari menambahkan.

Tak hanya lolos sebagai juara grup, Indonesia juga menjadi tim tertajam di babak penyisihan dengan melesakkan 15 gol dari empat pertandingan. Hanya Malaysia dari Grup B yang bisa menorehkanjumlah gol serupa.

Pada pertandingan semifinal Piala Tiger 1996 yang mempertemukan timnas Indonesia dengan Malaysia digelar di Stadion Nasional, Kallang, 13 September 1996.

Piala AFF 2020: Inilah 30 Pemain Timnas Kamboja, Komposisinya Mengejutkan

Piala AFF 2020: Thailand Berkekuatan Penuh dari Inggris sampai Jepang

&
Artikel Asli