Simak Tantangan Para Pendidik di Hari Guru Nasional 2021 Menurut Muhammadiyah

Olahraga | koran-jakarta.com | Published at Kamis, 25 November 2021 - 13:43
Simak Tantangan Para Pendidik di Hari Guru Nasional 2021 Menurut Muhammadiyah

YOGYAKARTA - Hari Guru Nasional yang diperingati setiap 25 November. Pada tahun ini, dikutip dari gtkdikdas.kemdikbud.go.id, tema Hari Guru Nasional 2021 adalah "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan."

Secara khusus Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir, berpesan bahwa Hari Guru Nasional 2021 musti menjadi wahana meneguhkan komitmen seluruh guru Indonesia untuk mendidik anak negeri.

Menurut Haedar Nashir, dunia pendidikan Indonesia memang kompleks dengan segala masalah dan tantangan.

"Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote begitu beragam kondisi pendidikan dan situasi anak didik Indonesia, yang tidak dapat digeneralisasi oleh standar lembaga-lembaga pendidikan Jakarta dan kota-kota besar yang digdaya," ujar Haedar Nashir, dikutip dari rilis PP Muhammadiyah, Kamis (25/11).

Ia tidak menampik masih banyak lembaga pendidikan di pelosok-pelosok terjauh mengalami kesulitan hanya untuk bertahan hidup, dari sarana prasarana, guru, dan dana yang serba terbatas sampai kondisi anak didik dengan latar sosiologis yang kompleks.

Dunia pendidikan Indonesia di ranah global pun masih harus menghadapi tantangan karena kondisi daya saing bangsa dan Human Development Index (HDI) Indonesia masih di bawah negara-negara ASEAN.

"Pemerintah melalui Kemendikbudristek sungguh diuji dan dinanti langkah-langkah terobosan yang tersistem, kontinyu, serta berorientasi pada pemecahan masalah dan pengembangan dunia pendidikan Indonesia yang beragam kondisi dan permasalahannya yang kompleks itu," ucap Haedar Nashir.

Tidak hanya itu, pendidikan di Indonesia yang fokus pada kualitas masih ditambah persoalan yang dibebankan pada dunia pendidikan,seperti soal radikalisme, intoleransi, kekerasan, dan lain-lain.

Haedar berpendapat perlu membangun pendidikan Indonesia yang unggul dan maju dengan berlandaskan Pancasila, nilai-nilai agama, dan kebudayaan luhur Indonesia sebagaimana perintah konstitusi.

"Sudah terpecahkankah masalah-masalah utama dunia pendidikan Indonesia yang kompleks itu? Harapannya tentu selalu terbuka untuk optimis, dengan syarat semua pihak benar-benar serius, fokus, paham, bersinergi, serta memiliki komitmen dan political-will yang tinggi," tutur Haedar.

Artikel Asli