Menanti Tiga Perang Saudara di Indonesia Open 2021

Olahraga | republika | Published at Kamis, 25 November 2021 - 13:00
Menanti Tiga Perang Saudara di Indonesia Open 2021

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 14 wakil Indonesia akan berjuang di babak 16 besar Indonesia Open 2021 yang mulai digelar Kamis (25/11) siang ini di Bali. Tiga partai diantaranya akan terjadi pertandingan antar sesama pemain Indonesia.

Ganda putra meloloskan wakil terbanyaknya ke babak kedua turnamen berhadiah 850 ribu dolar AS ini yakni empat wakil. Tunggal putra menyisakan tiga wakil demikian pula ganda putri dan ganda campuran tiga wakil dan tunggal putri hanya menyisakan satu wakil.

Pertarungan sesama wakil tuan rumah di babak 16 besar ini tak bisa dihindarkan. Ada tiga partai duel sesama anak negeri. Di tunggal putra, Jonatan Christie akan menantang juniornya Chico Aura Dwi Wardoyo.

Selanjutnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di ganda putra, setelah kemarin menyingkirkan rekan satu pelatnas, kembali berjumpa rekan senegara Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana. Peraih emas Olimpiade Greysia Polii/Apriyani Rahayu baru saja mengalahkan pemain non Pelatnas Fitriani/Yulia Yosephine Susanto 21-10, 21-15.

Ganda Putri berhasil meloloskan dua wakilnya ke babak perempatfinal. Greysia/Apriyani jadi wakil tuan rumah pertama yang ke 8 besar disusul Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi yang mengalahkan wakil Malaysia Pearly/Thinaah Muralitharan 14-21, 22-20 dan 21-17.

Jika pada Indonesia Masters 2021 hanya ada empat wakil Indonesia yang lolos ke babak 8 besar. Tentu saja harapannya di ajang Indonesia Open 2021 bisa lebih banyak. Setidaknya dari tiga partai perang saudara sesama Indonesia kita sudah memastikan tiga wakil ke babak 8 besar yang digelar besok. Ditambah Ana/Tiwi hingga artikel ini ditulis sudah empat wakil yang memastikan ke 8 besar.

Kita bisa berharap dari ganda putra terbaik dunia Kevin/Marcus. Tentunya duet Pramudya/Yeremia yang tengah meningkat permainannya kita harapkan juga bisa melewati duet Hoki/Kobayashi. Harapan juga datang dari tiga wakil ganda campuran khususnya Praveen/Melati yang sebelumnya mendapat kritik keras atas penampilan buruknya di Indonesia Masters 2021.

Di sektor tunggal putra selain duel Jojo vs Chico, satu wakil lainnya Rhustavito diharapkan bisa terus melanjutkan kiprahnya. Walaupun lawan yang dihadapinya sedang menanjak juga yakni wakil Deark Rasmus Gemke.

Sedangkan di tunggal putri, satu-satunya wakil yang tersisa Gregoria Mariska Tunjung akan menemui jalan terjal. Lawan yang akan dihadapi adalah wakil Thailand yang tengah bersinar Pornpawee Chochuwong.

Disayangkan sejumlah pemain tuan rumah yang diharapkan bisa bersinar harus tumbang lebih awal. Anthony Sinisuka Ginting secara mengejutkan disingkirkan wakil Perancis Christo Popov. Ini kegagalan Ginting beruntun, sebelumnya di babak pertama Indonesia Open juga kandas dari pemain muda Thailand Kunlavut Vitidsarn.

Selain itu Ahsan/Hendra meski sudah tampil bagus juga harus kembali takluk dari wakil Jepang Hoki/Kobayashi yang penampilannya memang sedang meningkat pesat. Kekalahan kedua Daddies dari juara Indonesia Masters 2021 tersebut.

Pada Indonesia Masters 2021 Tuan rumah tak mampu meraih satu gelar pun. Kali ini tentu saja kita berharap hal itu tidak terulang kembali. Apalagi sebenarnya dalam festival bulu tangkis ini Cina tidak mengirimkan wakilnya. Harusnya ini bisa dimanfaatkan.

Apalagi ini adalah turnamen terakhir untuk bisa menambah angka dalam penialian BWF Final yang akan digelar setelah ajang ini. Bagi para pemain yang masih punya peluang diharapkan tampil mati-matian untuk meraih prestasi tertinggi agar bisa lolos BWF Final.

Artikel Asli