Potensi Bigmatch di Babak 16 Besar Liga Champions

Olahraga | republika | Published at Kamis, 25 November 2021 - 12:38
Potensi Bigmatch di Babak 16 Besar Liga Champions

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu per satu tim elite melaju ke babak 16 besar Liga Champions musim 2021/22. Hanya ada beberapa grup yang harus menunggu sampai matchday pamungkas.

Tapi sudah kelihatan para raksasa siap berjibaku di fase knock out nantinya. Dimulai dari Grup A. Nampaknya hasil di grup ini, sesuai prediksi awal.
Manchester City dan Paris Saint Germain dipastikan lolos. City digdaya lantaran menjadi penguasa. Tim bertabur bintang, PSG harus puas finis di posisi kedua.
Kolektivitas menjadi salah satu senjata utama Manchester Biru. Perlahan tapi pasti, mereka memainkan total football ala Barcelona di masa lalu. Kuncinya ada pada kerja sama tim secara konsisten.
"Semua orang ingin memberikan bola dengan baik kepada pemain lain. Tidak ada yang egois dalam tim ini," kata penyerang the Citizens, Gabriel Jesus, dikutip dari uefa.com.
City bakal menghadapi runner up dari grup lain. Siapa pun lawan yang dihadapi, berpotensi terjadi bigmatch. Tim seperti Juventus, Atletico Madrid, Inter Milan, Barcelona, berpeluang finis di posisi kedua.
Jelas, City siap meladeni tantangan tersebut. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka berkembang menjadi favorit calon raja Eropa. Pada matchday kelima Grup A, wakil Inggris itu menumbangkan PSG, 2-1 di Stadion Etihad, Kamis (25/11) dini hari WIB. Itu tes berkelas bagi skuat polesan Pep Guardiola, sebelum bertempur di fase selanjutnya.
Berikutnya, Les Parisiens harus finis di posisi kedua Grup A. Elit Prancis masih kebingungan tampil efektif sebagai sebuah tim. Padahal klub yang dilatih Mauricio Pochettino itu memiliki lini depan mematikan.
Ada Lionel Messi, Kylian Mbappe, dan Neymar jr di sana. PSG bakal menghadapi juara grup lain. Tiga di antaranya Manchester United, Liverpool, Bayern Muenchen. Jelas, jutaan pasang mata menantikan berbagai pertandingan besar.
Jangan sepelekan Messi dan rekan-rekan. Dalam sebuah pertandingan tunggal, mereka bisa membuat perbedaan. Pochettino hanya perlu lebih berani mengambil resiko saat menyerang.
Dari Grup B hanya Liverpool yang sudah dipastikan melaju. FC Porto, Atletico Madrid, dan AC Milan, bersaing menemani the Reds. Kubu Merseyside Merah tetap menjadi salah satu kandidat peraih gelar UCL musim ini.
Kejutan terjadi di Grup C. Sporting CP menyingkirkan Borussia Dortmund. Wakil Portugal itu mengikuti jejak Ajax Amsterdam yang sudah melaju ke babak 16 besar.
Dari Grup D, Real Madrid dan Inter Milan dipastikan lolos. El Real di singgasana mengoleksi 12 poin dari lima pertandingan. Los Blancos unggul dua angka atas Inter di kursi runner up.
Pada partai pamungkas, kedua tim berhadapan di Santiago Bernabeu. Itu menjadi laga penentuan posisi mereka di klasemen akhir. Nantinya akan berpengaruh terhadap lawan yang dihadapi di fase knock out.
Bayern Muenchen tak tersentuh kekalahan di Grup E. Die Roten menjulang sendirian di singgasana. Posisi kedua masih diperebutkan antara Barcelona dan Benfica.
Muenchen salah satu favorit peraih gelar musim ini. FC Hollywood belum pernah terjungkal dalam 21 pertandingan tandang terakhir di kompetisi terelit benua biru. Itu salah satu bukti kedigdayaan Raksasa Jerman tersebut.
Pada matchday kelima Grup A, FC Bayern menundukkan tuan rumah Dynamo Kiev 2-1. "Itu bukan penampilan terbaik kami. Tetapi pada akhirnya kami senang dengan performa kami di Liga Champions," ujar kapten Bayern, Manuel Neuer kepada DAZN, dikutip dari uefa.com.
Dari Grup F, Manchester United sudah pasti finis di posisi teratas. Atalanta dan Villarreal berebut satu tiket tersisa. Tak ada kejutan berarti.
Skenario seperti ini sudah diprediksi sejak awal. Hanya saja, United belum menemukan konsistensi positif. Cristiano Ronaldo dan rekan-rekan bakal mendapat tantangan lebih berat di babak sistem gugur.
Grup G berisikan empat tim semenjana. Lille, RB Salzburg, Sevilla, dan VfL Wolfsburg bertarung hingga partai pamungkas. Belum ada yang benar-benar memastikan diri melaju ke babak selanjutnya.
Terakhir di Grup H. Juara bertahan Chelsea ada di puncak klasemen sementara. The Blues memiliki 12 poin yang sama dengan Juventus di kursi runner up.
Wakil Inggris itu unggul head to head dan selisih gol atas Juve. Kedua kubu dipastikan melaju. Tapi tim mana yang menjadi juara grup akan terlihat setelah matchday pamungkas.
Artikel Asli