Kilas Balik Piala Tiger 1996: Timnas Indonesia Lumat Laos dan Kamboja

Olahraga | skor.id | Published at Kamis, 25 November 2021 - 12:05
Kilas Balik Piala Tiger 1996: Timnas Indonesia Lumat Laos dan Kamboja

SKOR.id Kiprah timnas Indonesia dalam Piala Tiger 1996 memukau tapi mengecewakan. Turnamensekawanan ASEANitu digelar di Singapura pada 1-15 September 1996.

Sejatinya, komposisi pemain timnas Indonesia sangat mumpuni untuk bisa memboyong Piala Tiger edisi pertama tersebut, yang saat ituditangani Danurwindo.

Posisi penjaga gawang dihuni Listiyanto Raharjo, Kurnia Sandy, dan Sumardi. Sedangkan pemain belakang ada Robby Darwis, dan Aples Gideon Tecuari.

Ada pula bek-bek muda seperti NurAlim, Anang Maruf, Supriyono Paimin, Aji Santoso, Yeyen Tumena, dan Budiman.

Kemudian Eri Irianto, Nandang Kurniadi, Fakhri Husaini, Ansyari Lubis, dan Chris Leo Rya Ranggga mengisi barisan tengah.

Adapun lini depan timnas Indonesia dipercayakan kepada Peri Sandria, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Widodo Cahyono Putro.

Sebagai latar belakang, Indonesia berangkat ke Singapura saat Liga Indonesia bergulir dan pemanggilan pemain sempat diributkan petinggi klub.

DalamPiala Tiger 1996 ini, timnas Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Kamboja, Laos, Vietnam, dan Myanmar.

Timnas Indonesia tampil sangat superior pada dua pertandingan awal, saat menghadapi Laos dan Kamboja

Nyatanya, pasukan perang Danurwindo ini berhasil melesakkankandelapan gol dan hanya kemasukan satu gol pada dua laga awal.

Pada pertandingan perdana, di Stadion Jurong, 2 September 1996, dihadapan 2.800 penonton, timnas Indonesia melumat Laos dengan skor 5-1.

Siapa sangka, empat gol tercipta pada babak pertama. Gol pembuka dilesakkan Fakhri Husaini pada menit ke-5, diteruskan Eri Irianto pada menit ke-15.

Selanjutnya Kurniawan Dwi Yulianto pada menuit ke-17, dan Robby Darwis pada menit ke-34 atau gol terakhir sebelum turun minum.

Dua gol tercipta pada babak kedua. Peri Sandria menambah keunggulan pada menit ke-75, dan lantas diperkecil oleh pemain Laos, Savtady, pada menit ke-75.

Kemenangan telak pada partai pembuka itu seakan menambah motivasi Fakhri Husaini dan kawan-kawan untuk mentap laga kedua melawan Kamboja.

Ya, timnas Indonesia kembali mengoleksi poin penuh saat menghadapi Kamboja, di Stadion Jurong, pada 7 September 1996, dengan disaksikan 2.000 penonton.

Skuad Garuda menumbangkan Kamboja dengan skor 3-0. Tiga gol e gawang Kamboja diciptakan Kurniawanpada menit ke-15, Peri (23), dan Eri (60).

Melalui dua kemenangan tersebut, timnas Indonesia bertengger di puncak klasemen Grup A dengan torehanenampoin dari dua pertandingan.

Saat dikonfirmasi Skor.id, Kamis (16/4/2020), gelandang Indonesia era Piala Tiger 1996, Ansyari Lubis,menyebutkualitas Indonesia jauh di atasLaos dan Kamboja.

Saya sedikit lupa mainnya seperti apa, yang pasti kami (Indonesia) unggul segala-galanya dengan mereka (Laos dan Kamboja), kata Ansyari Lubis.

Dari semua taktikal permainan semua kami unggul dari mereka. Jadi seperti superior. Waktu itu juga kekuatan mereka. Tidak seperti sekarang, Ansyari menambahkan.

Sedangkan Dua laga terakhir pada babak penyisihan Piala Tiger 1996, timnas Indonesia akan berjumpa dengan Myanmar dan Vietnam.

Piala AFF 2020: Thailand Berkekuatan Penuh dari Inggris sampai Jepang

&
Artikel Asli