Live di Indosiar, Timnas Indonesia vs Myanmar: Uji Ketajaman Lini Depan

Olahraga | apahabar.com | Published at Kamis, 25 November 2021 - 10:48
Live di Indosiar, Timnas Indonesia vs Myanmar: Uji Ketajaman Lini Depan

apahabar.com, JAKARTA Menjelang Piala AFF 2020, Timnas Indonesia berkesempatan mengasah lini depan dalam uji coba melawan Myanmar, Kamis (25/11) malam.

Ditayangkan langsung Indosiar mulai pukul 21.30 Wita, uji coba tersebut berlangsung di Emirhan Sports Complex, Antalya, Turki.

Dalam uji coba sebelumnya melawan Afghanistan, Selasa (16/11), Indonesia menyerah dengan skor 0-1 akibat gol di menit 85.

Kondisi pemain baik. Kami terus menggeber berbagai menu latihan agar semakin membaik sebelum melawan Myanmar, papar pelatih Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI.

Penguatan pemain memang masih kurang, karena sebelumnya tidak pernah dilakukan atau jarang. Kami juga memperbaiki kekurangan, ketika melawan Afghanistan. Banyak sekali kesalahan sendiri yang dilakukan pemain, imbuhnya.

Menghadapi Myanmar yang juga kontestan Piala AFF 2020, Indonesia tak hanya menuntaskan penasaran seusai kekalahan dari Afghanistan.

Uji coba ini sekaligus kesempatan pelatih Shin Tae-yong untuk mengasah kembali lini depan. Faktanya dari 8 pertandingan, tak seorang pun striker mampu mencetak gol.

Dari 11 gol Timnas Indonesia selama dilatih Shin Tae-yong, diborong winger dan gelandang. Evan Dimas Darmono menjadi pemain tersubur dengan koleksi 3 gol.

Dilansir CNN Indonesia, fakta tersebut kontras dengan persiapan menghadapi Piala AFF sebelumnya. Bahkan empat striker Timnas Indonesia sempat menjadi top skor kejuaraan dwitahunan ini.

Ironisnya performa striker yang dipanggil Shin Tae-yong belum begitu meyakinkan di Liga 1. Baik Ezra Walian maupun Dedik Setiawan, baru mencetak 1 gol dari 10 pertandingan.

Melihat kondisi Myanmar, Timnas Indonesia memiliki kans mencetak banyak gol. Skuat asuhan Antoine Hey ini baru berkumpul lagi, setelah cukup lama menganggur.

Setelah junta militer berkuasa di Myanmar, sepakbola turut terdampak. Bahkan beberapa pemain langganan Timnas Myanmar menolak bergabung atas nama nasionalisme.

Dari 21 pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan di Turki, 8 di antaranya adalah pemain yang belum punya caps.

Namun setelah takluk 1-2 dari Burundi dalam uji coba, Sabtu (13/11), Saum Lam Mang cs menang dengan skor 8-0 atas Antalya Halspor, Kamis (18/11).

Timnas Indonesia sendiri tidak bisa memainkan Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott. Mereka sudah kembali ke klub masing-masing, seusai bermain melawan Afganistan.

Untuk menggantikan Elkan Baggott di pos bek tengah, Shin Tae-yong memiliki beberapa opsi seperti Ryuji Utomo, Alfeandra Dewangga, Victor Igbonefo dan Fachrudin Aryanto.

Sementara tersedia 4 pemain yang dapat menempati posisi Egy. Mereka adalah Irfan Jaya, Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman dan Yabes Roni.

Artikel Asli