Ronaldo Loloskan MU

Olahraga | koran-jakarta.com | Published at Kamis, 25 November 2021 - 07:00
Ronaldo Loloskan MU

PARIS - Manchester United (MU) memastikan tempat di babak 16 besar Liga Champions setelah Cristiano Ronaldo mencetak gol dalam kemenangan 2-0 di kandang Villarreal, Rabu (24/11) dini hari WIB. Pada laga lain, juara bertahan Chelsea juga mencapai fase sistem gugur usai meraih kemenangan telak 4-0 atas Juventus.

Juara Eropa tiga kali, MU, menatap pertandingan pertama sejak pemecatan Ole Gunnar Solskjaer pada akhir pekan lalu dengan membutuhkan kemenangan untuk memastikan lolos dari Grup F. MU berada di bawah tekanan besar. Kekalahan akan membuat mereka tersingkir.

Namun, dengan kemenangan ini MU untuk sementara memuncaki grup F dengan 10 poin, unggul 3 poin dari Villarreal. Atalanta di posisi ketiga dengan 6 poin dan Young Boys mendulang 4 poin.

David de Gea membuat dua penyelamatan penting, MU dengan Michael Carrick menjadi pelatih sementara, mengambil keuntungan melalui lob Ronaldo pada menit ke-78. Jadon Sancho, yang sering menjadi sosok peripheral (kurang penting) sejak kepindahannya dari Borussia Dortmund di akhir musim, menunjukkan penampilan individu yang bagus. Dia mencetak gol pertamanya untuk MU di penghujung laga.

"Ini bukan hasil penting bagi saya pribadi. Ini penting bagi para pemain dan klub," ujar Carrick.

Gol Ronaldo adalah yang ke-799 dalam karirenya, yang ke 140 di Liga Champions, dan yang keenam di kompetisi musim ini.

Carrick mengatakan dia tidak terkejut Cristiano Ronaldo kembali mencetak gol. "Itulah yang dia lakukan," ujarnya tentang Ronaldo. "Dalam pertandingan besar, momen besar, ketika kami membutuhkan gol atau sesuatu, dia ada di sana untuk mewujudkannya," sambungnya.

"Dia memiliki mentalitas yang dingin dan penuh perhitungan untuk tetap tenang. Dia memanfaatkan peluang. Saya senang memiliki dia dan tidak terkejut sama sekali dia berhasil mencetak gol untuk kami," tandasnya.

Carrick diperkirakan akan tetap berada di posisinya untuk pertandingan hari Minggu melawan pemuncak klasemen Liga Inggris, Chelsea.

Posisi lain untuk lolos dari grup tetap diperebutkan setelah Young Boys dan Atalanta bermain imbang 3-3 di Bern.

Gol-gol akhir dari Vincent Sierro dan Silvan Hefti memberi juara Swiss itu keunggulan 3-2, tetapi Luis Muriel mencetak gol pada menit ke-88 untuk tim tamu. Atalanta menghadapi pertandingan menentukan melawan Villarreal di Bergamo bulan depan.

Chelsea Menang

Chelsea melaju ke babak 16 besar dan ke puncak Grup H dengan kemenangan mengesankan 4-0 atas Juventus di Stamford Bridge.

Tim asuhan Thomas Tuchel paham bahwa kualifikasi akan dijamin jika mereka bisa menghindari kekalahan atau jika Zenit Saint Petersburg gagal mengalahkan Malmo. The Blues mendominasi babak pertama dan memimpin melalui gol ketiga bek muda Trevoh Chalobah musim ini.

Pemain bertahan Chelsea secara konsisten menjadi ancaman dari bola mati, dan Thiago Silva melihat sundulan yang diselamatkan oleh Wojciech Szczesny di awal babak kedua. Adalah seorang bek yang menggandakan keunggulan Chelsea pada menit ke-56.

Bek kanan Inggris Reece James melakukan tendangan voli bagus ke sudut bawah gawang untuk kelima kalinya musim ini. Chelsea mencetak gol ketiga mereka kurang dari dua menit kemudian, Ruben Loftus-Cheek mengarahkan bola ke Hudson-Odoi, yang mencetak gol dari jarak dekat.

Masih ada waktu bagi Timo Werner, yang tampil pertama kali sejak cedera, untuk masuk dari bangku cadangan dan mencetak gol di injury time . "Kami melakukannya dengan sangat baik, sangat sulit untuk mencetak gol melawan Juventus dan kami menciptakan begitu banyak gol," ujar Tuchel.

Zenit bermain imbang 1-1 dengan Malmo untuk mengamankan tempat di sistem gugur Liga Europa. ben/AFP/S-2

Artikel Asli