Sporting Lisbon Singkirkan Dortmund dari Liga Champions

Olahraga | republika | Published at Kamis, 25 November 2021 - 05:30
Sporting Lisbon Singkirkan Dortmund dari Liga Champions

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sporting Lisbon menang 3-1 atas tamunya, Borussia Dortmund, pada pertandingan kelima fase Grup C Liga Champions di Stadion Jose Alvalade, Kamis (25/11) dini hari WIB. Hasil ini membawa Sporting Lisbon lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Kedua tim mengusung misi wajib menang pada pertandingan ini. Sebelum pertandingan ini, keduanya sama-sama mengantongi poin 6. Tampil di kandang sendiri, Sporting tampil percaya diri menekan pertahanan Dortmund. Dortmund yang tak mau kehilangan poin meladeni permainan cepat Sporting. Kedua tim silih berganti menyerang.

Namun, Sporting yang berhasil mencetak gol keunggulan terlebih dulu. Berawal dari serangan balik, Coates mengirimkan umpan panjang dari pertahanan Sporting yang menembus pertahanan Dortmund. Pedro Goncalves yang berdiri tak terkawal dengan mudah menusuk kotak penalti Dortmund dan mencetak gol ke gawang Kobel. Sporting 1-0 Dormund

Dortmund langsung merespon. Tim asal Jerman itu nyaris menyamakan kedudukan satu menit kemudian, sayang tembakan Malen masih membentur tiang. Terus menyerang, justru Dortmund yang kembali kebobolan.

Lagi-lagi Pedro Goncalves mencatatkan namanya di papan skor, usai tembakannya dari luar kotak penalti gagal dihalau kiper Dortmund. Hingga babak pertama usai, skor tak berubah, Sporting unggul 2-0 atas Dortmund.

Di babak kedua, Sporting tampil semakin percaya diri. Sejumlah serangan berbahaya dilancarkan oleh Sporting, namun belum berhasil menambah keunggulan. Sementara Dortmund, perlahan mulai meningkatkan serangan untuk mengejar ketertinggalan.

Meski begitu, gelombang serangan Dortmund belum ada yang berhasil mengubah kedudukan. Dortmund sempat punya asa memperkecil ketertinggalan melalui gol bunuh diri pemain Sporting, namun dianulir wasit karena para pemain Dortmund terlebih dulu terjebak offside.

Buruknya penyelesaian akhir para pemain Dortmund membuat sejumlah peluang terbuang percuma. Beban Dortmund semakin berat karena pada menit ke-72, Emre Can diusir wasit karena mendapat kartu merah.

Sporting memperbesar keunggulan pada menit ke-79. Berawal dari hadiah tendangan penalti, Pedro Goncalves membuang peluang mencetak hattrick pada pertandingan itu. Beruntung bola masih bisa disambar oleh Pedroporro yang membawa Sporting unggul 3-0.

Dortmund mendapat gol hiburan pada menit ke-90+3 melalui Marlen. Namun, hingga tujuh menit babak tambahan waktu, skor tak berubah. Sporting Lisbon berhasil mengalahkan Dortmund dengan skor 3-1. Hasil ini membuat Sporting mengamankan tiket ke babak 16 Liga Champions. Sementara Dortmund harus rela turun ke Liga Europa.

Artikel Asli