Ajax Tertinggal dari Besiktas di Babak Pertama

Olahraga | republika | Published at Kamis, 25 November 2021 - 01:37
Ajax Tertinggal dari Besiktas di Babak Pertama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tuan rumah Besiktas sementara unggul atas Ajax Amsterdam dalam pertandingan kelima fase Grup C Liga Champions di Stadion Vodafone Park, Istanbul, Turki, Kamis (25/11) dini hari WIB. Gol keunggulan Besiktas dicetak oleh Ghezzal melalui tendangan penalti.

Ajax datang ke Istanbul tanpa beban lantaran sudah memastikan lolos ke babak 16 Liga Champions. Sementara tuan rumah Besiktas, mengusung misi wajib menang untuk menjaga peluang merebut posisi ketiga dan lolos ke Liga Europa musim ini.

Meski begitu, Besiktas lebih bermain hati-hati di awal pertandingan. Inisiatif serangan justru dipegang oleh Ajax. Di awal laga, Ajax beberapa kali punya peluang berbahaya melalui Daramy, Neres dan Tadic. Namun, penampilan kiper Gunok berhasil mementahkan serangan Ajax.

Besiktas lebih banyak mengandalkan serangan balik ke pertahanan Ajax yang tetap bermain terbuka. Meski serangan lebih banyak dilancarkan oleh Ajax, namun Besiktas yang berhasil mencetak gol terlebih dulu.

Berawal dari tendangan penjuru pada menit ke-21, bola membentur bek Ajax Mazraoui. Wasit setelah melihat rekaman VAR memutuskan memberikan hadiah penalti untuk Besiktas. Ghezzal yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya. Besiktas 1-0 Ajax.

Tertinggal satu gol, Ajax meningkatkan intensitas serangannya. Berkali-kali barisan pertahanan Besiktas dibombardir oleh pasukan Amsterdam. Namun kiper Besiktas masih tampil gemilang. Besiktas bukan tanpa peluang, tim asal Turki itu mencatat beberapa kali peluang matang melalui Larin dan barisan penyerangnya. Namun, belum mampu menambah keunggulan. Babak pertama ditutup dengan keunggulan Besiktas 1-0 atas Ajax. Statistik babak pertama mencatat, Ajax unggul dalam penguasaan bola dengan 53 persen berbanding 47 persen milik Besiktas.

Susunan Pemain:

Besiktas:

Gunok (GK), Vida, Francisco Montero, Meras, Rosier, Pjanic, Topal, Ghezzal, Nkoudou, Teixeira, Larin

Ajax:

Onana (GK), Martinez, Schuurs, Mazraoui, Tagliafico, Klassen, Gravenberch, Berghuis, Neres, Daramy, Tadic

Artikel Asli