Borussia Dortmund Merana dalam Derby Hantu

Olahraga | sindonews | Published at Jumat, 15 Mei 2020 - 05:05
Borussia Dortmund Merana dalam Derby Hantu

DORTMUND - Borussia Dortmund menjamu Schalke 04 dalam lanjutan Bundesliga 2019/2020 di Signal Iduna Park, Sabtu (16/5/2020). Dikenal sebagai Revierderby, pertemuan dua tim sewilayah ini selalu sengit. Atmosfer penonton di stadion yang membuat suasana begitu gemuruh pada duel ini.

Namun, pertemuan kali ini akan terasa sepi, bahkan kini mendapat sebutan 'Derby Hantu' karena tanpa penonton. Tidak lebih dari 300 orang saja yang akan berada atau sekitar Signal Iduna Park yang berkapasitas 80.000 akibat pembatasan Covid-19. (Baca juga: Pendukung Dortmund Diharamkan Mendekat Signal Iduna Park).

Fans tidak boleh menghadiri pertandingan sebagai bagian dari peraturan keselamatan. Tentu bagi pemain Dortmund, ini akan mengurangi kegairahan. Semua diserahkan kepada para pemain untuk memberikan keriuhan dalam pertandingan hantu.

"Ini pasti akan menjadi derby yang paling tidak biasa dalam sejarah," kata Kepala Pemain Pro Dortmund Sebastian Kehl kepada surat kabar Welt seperti dilansir Reuters.

"Pertandingan ini hidup dari penggemar, emosi mereka, intensitas stadion. Kami tidak akan mengalami semua itu. Para pemain akan sangat kehilangan motivasi dari atmosfer dan para penggemar."

Apa pun kondisinya, Dortmund akan mencari tiga poin dan mendapatkan kemenangan atas rival sengit mereka yang akan membuat mereka berada di jalur perburuan gelar.

Dengan sembilan pertandingan tersisa, Dortmund mengumpulkan 51 poin, empat angka di belakang pemimpin klasemen Bayern Muenchen dan satu di depan RB Leipzig.

Dortmund selalu mengandalkan 80.000 penonton yang meludeskan tiket yang tersedia, untuk mendukung idolnya bermain di setiap pertandingan kandang. Namun, pada Sabtu (16/5/2020), hanya sekitar 200 orang yang akan diizinkan turun ke lapangan dan di tribun, dengan 100 lainnya, merupakan staf keamanan, ditempatkan di luar arena.

Dengan tribun berdiri terbesar di Eropa, Yellow Wall, kosong pada hari Sabtu. Pasukan Lucien Favre telah menggelar beberapa sesi latihan di arena untuk membiasakan bermain tanpa suporter.

Di atas kertas tuan rumah adalah favorit, setelah memenangkan tujuh dari delapan pertandingan terakhir mereka. Sejak Januari, Erling Haaland dan Jadon Sancho telah mencetak sembilan gol bersama, lebih dari dua kali lipat dari seluruh tim Schalke (empat).

Namun Dortmund akan kehilangan kapten yang cedera Marco Reus dan bek Dan-Axel Zagadou sementara gelandang Axel Witsel dan Emre Can juga diragukan.

Schalke tanpa kemenangan dalam tujuh pertandingan liga terakhir mereka, yang merupakan tanpa kemenangan terpanjang di bawah pelatih David Wagner, dan hanya mencetak dua gol dalam prosesnya. Setelah awal yang kuat, mereka turun ke urutan keenam dengan 37 poin dan dalam bahaya kehilangan tiket kompetisi Eropa musim depan.

Bundesliga adalah liga olahraga utama pertama yang dilanjutkan sejak olahraga dunia terhenti akibat pandemi virus corona, dan para pemain harus mematuhi serangkaian pedoman kesehatan yang ketat yang bertujuan meminimalkan risiko terinfeksi.

Artikel Asli