Bundesliga Siap Comeback, Dokter Jerman Peringatkan Risiko Penyakit Paru akibat Covid-19

Olahraga | skor.id | Published at Jumat, 15 Mei 2020 - 05:15
Bundesliga Siap Comeback, Dokter Jerman Peringatkan Risiko Penyakit Paru akibat Covid-19
- Jelang bergulirnya kembali Liga Jerman pada Sabtu (16/5/2020) besok, muncul peringatan dari seorang dokter tentang risiko bertanding sepak bola di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Wanti-wanti tersebut disampaikan Wilhelm Bloch, profesor medis dari German Sports University di Cologne.

Berita Liga Jerman Lainnya: Ketatnya Peraturan Liga Jerman, Pelatih Timnas Jerman Juga Dilarang Masuk

Menurutnya, pemain yang pernah atau nanti terpapar Covid-19, berpotensi mengalami penyakit paru yang cukup parah.

Bloch menambahkan, penyakit tersebut bakal sangat sulit diobati bahkan bisa membuat sang pemain terpaksa mengakhiri karier.

"Jelas ada risiko bahwa atlet paling bugar sekalipun bisa kehilangan kemampuan dan tak bisa mendapatkannya kembali setelah terjangkit Covid-19," kata Bloch kepada AFP.

"Kita juga belum tahu, infeksi kecil pada paru-paru pun mungkin akan menyebabkan kerusakan jangka panjang yang sulit disembuhkan. Bagi pesepak bola yang mengandalkan fisik, ini kekhawatiran besar."

Ototitas Liga Jerman (DFL) sudah menerapkan protokol ketat untuk melindungi para pemain dan staf ketika kompetisi berlanjut akhir pekan ini.

Mulai dari pertandingan tanpa penonton, pembatasan media dan ofisial, kemudian larangan berjabat tangan serta merayakan gol bersama.

Dan, tentu saja ada tes Covid-19 yang dilakukan sebelum dan sesudah pertandingan. Meski begitu, sang dokter tetap mengutarakan keraguannya.

"Sebelumnya, para pemain tak melakukan karantina total. Mereka masih berkumpul dengan keluarga, walaupun kontak dibatasi. Sulit mengetahui siapa yang terpapar," kata Bloch.

"Memang, ada tes berkala. Namun, tidak semua uji medis buat virus corona bekerja sempurna. Hal ini juga memiliki margin error yang cukup besar."

Berita Liga Jerman Lainnya: Derbi Lembah Ruhr di Liga Jerman, Fan Diminta Tak Berkumpul

Setelah melalui jeda yang cukup lama, Liga Jerman siap digelar kembali akhir pekan ini, dengan derby antara Borussia Dortmund versus Schalke di Signal Iduna Park jadi laga pembuka.

 

Artikel Asli