Saat Derbi Dortmund vs Schalke Akan Main Tanpa Penonton

Olahraga | skor.id | Published at Jumat, 15 Mei 2020 - 04:15
Saat Derbi Dortmund vs Schalke Akan Main Tanpa Penonton
- Liga Jerman yang dilanjutkan lagi di tengah pandemi Covid-19 pada Sabtu (16/5/2020) langsung disambut derbi Borussia Dortmund dan Schalke 04.

Laga yang biasa disebut Revierderbi atau derbi Lembah Ruhr ini akan menjadi edisi ke-180. Pertandingan akan digelar di Signal Iduna Park, kandang Dortmund, tanpa penonton.

Bagi pendukung Dortmund, derbi ini jauh lebih penting dibanding rivalitas dengan Bayern Munchen dalam status dua besar klub tersukses dan terbesar di Liga Jerman.

Berita Borussia Dortmund Lainnya: 6 Pemain Borussia Dortmund yang Akan Hengkang Akhir Musim Ini

Marc Quambusch, seorang pendukung Dortmund, menegaskan bahwa derbi kedua tim begitu unik walau jarak antarkota mereka hanya sekitar 30 menit perjalanan darat.

Begitu uniknya, kata Quambusch kepada The Athletic, persaingan Dortmund dan Schalke punya pengaruh besar secara sosial budaya di wilayah Ruhr.

"Dortmund dan Schalke mendominasi segalanya (di wilayah Ruhr). Dalam hubungan sosial, identitas Anda hanya ada dua; ikut Dortmund atau Schalke," ujar Quambusch yang pernah menjadi produser film dokumenter soal pendiri Dortmund.

Sementara menurut Thomas Wings, pendukung Schalke yang bekerja sebagai pengacara, persaingan Dortmund dan klub favoritnya menembus bidang lain.

"Bukan cuma sepak bola. Kami (pendukung Schalke) akan berpikir dua atau tiga kali sebelum pergi ke kota Dortmund," kata Wings yang berteman dekat dengan Quambusch.

"Jika mungkin saya pergi ke kota lain. Segala berwarna kuning tak boleh ada dalam hidup saya," kata Wings yang rutin bertemu dengan Quambusch sepekan sebelum derbi dan saling mengejek.

Namun, kini mereka sedih karena derbi Dortmund vs Schalke tak bisa disaksikan langsung di stadion.

Quambusch mengaku tak punya semangat menyambut derbi ini. Quambusch menyebut suasana derbi akan sama seperti momen serangan teror 11 September 2011.

Empat hari setelah serangan teror di New York, Amerika Serikat, itu Schalke menjamu Dortmund. Suasana stadion cukup muram, tak ada iklan dan hanya memutar musik klasik sebelum laga.

"Stadion penuh, tapi orang-orang kehilangan semangat. Sepi sekali. Semua prihatin dengan kejadian teror, pertandingan pun berakhir 0-0. Saya pikir suasana ini akan terjadi pada Sabtu."

Sedangkan partai tanpa penonton dalam Dortmund vs Schalke disebut Wings bukan derbi dan sepak bola. Bahkan Wings menyebutnya sebagai olahraga yang berbeda.

"Derbi adalah soal menghina lawan, menikmati pandangan kekalahan dan putus asa di kubu lawan, serta merayakan gol bersama teman. Ini bukan derbi, tapi olahraga lain," ujar Wings.

Hal yang lebih menyedihkan lagi bagi mereka berdua adalah masalah finansial yang dihadapi Dortmund dan Schalke. Bahkan Schalke meminta para pendukungnya untuk merelakan tiket yang sudah dibeli dan tidak minta refund.

Berita Schalke 04 Lainnya: Strategi Transfer Schalke, Termasuk soal Bek Barcelona

Meski begitu, Quambusch dan Wings tetap saling mengejek siapa yang akan bangkrut akibat krisis keuangan dan kesehatan sat ini.

"Kedengarannya buruk, tapi saya bisa tersenyum jika itu terjadi," kata Quambusch.

"Saya tak keberatan Dortmund terpuruk. Namun sungguh, saya rindu pertandingan derbi ini," Wings memungkasi.

---

Live Streaming dan Siaran Langsung Dortmund vs Schalke: Mola TV dan Fox Sports 2, Sabtu (16/5/2020) pukul 20.30 WIB.

Artikel Asli