Pelatih Kiper Arema FC Ikuti Kursus Online dari Federasi Brasil

Olahraga | skor.id | Published at Jumat, 15 Mei 2020 - 03:15
Pelatih Kiper Arema FC Ikuti Kursus Online dari Federasi Brasil
  • Pelatih kiper Arema FC, Felipe Americo, memiliki cara sendiri untuk menyibukkan diri di masa pandemi Covid-19.
  • Felipe Americo mengikuti kursus kiper online yang digelar oleh federasi sepak bola Brasil, CBF.
  • Felipe yakin kemampuan para kiper asuhannya akan meningkat berkat pelatihan yang ia ikuti ini.

SKOR.id - Tak hanya di rumah saja, pelatih kiper Arema FC, Felipe Americo, mengikuti latihan online yang diadakan oleh federasi sepak bola Brasil.

Lima dari tujuh legiun asing Arema FC masih tertahan di Kota Malang hampir dua bulan pasca-PSSI dan PT LIB menghentikan sementara Liga 1 2020.

Mereka adalah pelatih, Roberto Mario Carlos Gomez, kedua koleganya Marcos Gonzales dan Martin Goncalves Felipe Americo, serta dua pemain Jonathan Jesus Bauman dan Elias Patricio Alderete.

Berita Arema FC Lainnya: Alasan Arema FC Tak Lelang Jersi Pemain untuk Penggalangan Dana

Hanya dua legiun asing yang sudah pulang ke negaranya, yaitu Matias Daniel Malvino Gomez ke Montevideo, Uruguay, dan Oh In-kyun kembali ke Korea Selatan.

Praktis ketujuh legiun asing tersebut harus tetap tinggal di Malang menyusul pemerintahan negara asal mereka masih menerapkan lockdown nasional hingga saat ini.

Namun, pelatih penjaga gawang Arema asal Brasil, Felipe Americo, memiliki cara berbeda dalam menyiasati jeda latihan outdoor dan pertandingan menyusul imbauan pemerintah untuk stay at home.

"Pulang pasti tidak bisa karena Presiden Brasil terus memperpanjang status lockdown total di sana. Sama seperti teman-teman yang dari Argentina, coach Mario Gomez dan Marcos Gonzales serta dua pemain Bauman dan Elias," ujar Felipe Americo kepada Skor.id, Kamis (14/5/2020) malam.

 

"Selain stay at home saja, sudah empat hari ini saya mulai mengikuti goalkeeping coaches online course seminggu dua kali, hari Rabu dan Jumat. Kursus online ini digelar oleh federasi sepak bola Brasil (CBF). Ini program bagus, selain untuk  mengisi waktu, juga bisa meng-upgrade kemampuan melatih," tutur pelatih kelahiran Rio de Janeiro, Brasil, 5 Juli 1982, itu.

Pemegang lisensi C CONMEBOL tersebut menuturkan bahwa hasil kursus latihan secara daring (online) akan diterapkan kepada empat penjaga gawang asuhannya di Arema FC.

Mereka adalah Kurniawan Kartika Ajie, Utam Rusdiana, Teguh Amiruddin, dan Andreas "Ciko" Fransisco.

Berita Arema FC Lainnya: Alasan Arema FC Tak Lelang Jersi Pemain untuk Penggalangan Dana

"Saya belajar tentang goalkeeping development training atau model pelatihan baru untuk penjaga gawang di bawah arahan CBF. Melalui kursus latihan secara online ini, saya juga bisa berdiskusi dan tukar pikiran dengan pelatih kiper asal Brasil di banyak negara," ujar Felipe.

"Dari kursus ini, saya yakin ke depannya Kartika Ajie, Utam Rusdiana, Teguh Amiruddin, dan Andreas Fransisco akan bisa semakin bagus peforma teknisnya," ucap mantan pelatih penjaga gawang Botafogo U-17 dan U-20 tersebut.

 

 

Artikel Asli