Perjalanan 9 Gelar Juara Dunia Rossi: Ukir Sejarah di Sentul, Ditutup Perpisahan Meriah di Valencia

Olahraga | inewsid | Published at Minggu, 14 November 2021 - 22:39
Perjalanan 9 Gelar Juara Dunia Rossi: Ukir Sejarah di Sentul, Ditutup Perpisahan Meriah di Valencia

VALENCIA, iNews.id- Valentino Rossi telah resmi meninggalkan dunia balap MotoGP hari ini. Rossi adalah salah satu legenda terbesar yang dilahirkan MotoGP.

Sepanjang kariernya Rossi telah meraih 9 gelar juara dunia mulai dari kelas 125cc, 250cc, 500cc hingga MotoGP. Dua gelar di kelas 125cc dan 250cc dan tujuh di kelas utama 500cc dan MotoGP. Total dia meraih 199 podium.

Perjalanan Rossi di dunia balap dimulai tahun 1996. Saat itu dia turun di kelas 125cc.

Nama Rossi mulai menjadi perhatian ketika musim kedua di kelas 125cc. Rossi yang masih berusia 18 tahun membuat geger dengan keluar sebagai juara dunia.

Bahkan dia memecahkan rekor dengan memenangkan 11 dari 15 series yang dipertandingkan. Uniknya, rekor itu dicetak di Sirkuit Sentul Bogor dalam gelaran GP Indonesia.

Rossi finis pertama di Sentul. Hasil itu membuatnya memecahkan rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim 125cc. Dia pun terus menunjukkan sebagai seorang pemenang ketika naik kelas 250cc.

Valentino Rossi won at Sentul '97 and set a record for most victories in a single season in the 125cc class (11) pic.twitter.com/qWBBm0lvdF

MotoGP Fan Zone (@bgmotogp) September 28, 2018

Tak hanya dikelas 125cc dan 250cc, pria kelahiran 16 Februari 1979 itu juga berjaya di kelas 500cc.

Rossi secara total berhasil mengumpulkan tujuh gelar juara dunia di kelas 500 cc atau MotoGP. Catatan ini hanya kalah satu angka dari pembalap era 1960-1970, Giacomo Agostini yang punya koleksi delapan gelar.

Rossi memulai karier balapnya di kasta teratas 500cc pada tahun 2000. Musim pertamanya, dia langsung mencuri perhatian penggemar dengan meraih dua kemenangan.

Bersama Honda, Rossi datang mengejutkan Kenny Roberts Jr, Lorris Capirossi dan Max Biaggi yang saat itu sedang naik daun. Ya, musim pertamanya ditorehkan dengan manis dengan dua kemenangan di GP Inggris dan GP Brasil.

Di akhir musimnya, The Doctor langsung menjadi runner up juara dunia setelah sukses mengoleksi 209 poin dan sembilan podium. Bahkan, di tahun pertamanya The Doctor berhasil mengungguli Max Biaggi.

A hero's reception! ????@ValeYellow46 truly has been head and shoulders above the rest over a quarter of a century! ????#GrazieVale #ValenciaGP ???? pic.twitter.com/gJWVGM9RFT

MotoGP???? (@MotoGP) November 14, 2021

Pada tahun selanjutnya, catatan manis Rossi terus berlanjut. Tak ayal, The Doctor mulai diwaspadai oleh para pesaingnya. Pembalap asal Italia itu berhasil mengumpulkan 13 podium, gelar juara dunia kelas 500cc berhasil ditorehkan pertama kali olehnya.

Kelas teratas balap motor itu berubah regulasi dari 500cc ke MotoGP pada tahun 2002. Rossi tetap mendominasi pada empat musim berturut-turut. The Doctor berhasil menjadi juara dunia 500cc dan MotoGP dengan dua tim yang berbeda.

Rossi menjuarai dunia dengan Honda dan Yamaha. Pada musim 2002 dan 2003, Rossi yang masih menunggangi Honda kembali membuktikan tajinya kepada saingan terdekatnya saat itu, Max Biaggi.

Pada tahun 2004 setelah pindah ke Yamaha, Rossi bersaing dengan Sete Gibernau. Alih-alih turun performanya, Rossi justru kembali membuktikan dirinya masih yang terbaik pada musim itu. Total, dia berhasil mengumpulkan 10 podium dan 304 poin, selisih tujuh poin dari Gibernau.

Pada tahun 2005, Rossi kembali menjadi juara dunia lagi setelah mengandaskan persaingan dengan Marco Melandri dan Nicky Hayden. Namun, dua musim setelahnya dominasi Rossi terhenti.

Saat itu dia kalah dari Nicky Hayden yang merebut juara dunia pada 2006 dan Casey Stoner pada 2007. Namun Rossi bangkit dan kembali juara dunia berturut-turut pada musim 2008 dan 2009.

Sayangnya, pada tahun-tahun selanjutnya Rossi gagal juara dunia meski tampil ciamik. Dominasinya runtuh oleh performa apik Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Akan tetapi, namanya selalu dikenang sebagai pembalap yang supel dan ramah.

Kini, Rossi sudah resmi menggantung helmnya untuk memulai kehidupan baru tanpa balapan motor. Musim 2021 akan selalu dikenang sebagai musim terakhir bagi sang legenda yang pernah menunggangi Aprilia, Honda, Yamaha, dan Ducati.

Hari ini Rossi menuntaskan balapan terakhirnya di MotoGP Valencia 2021 dengan finis ke-10. Sambutan perpisahan meriah diberikan para rider kepada sang legenda. Bahkan tagar GrazieVale menjadi trending topic dunia.

Artikel Asli