Formula 1: Verstappen Didenda Rp814 Juta Usai Sentuh Mobil Hamilton

Olahraga | sindonews | Published at Minggu, 14 November 2021 - 23:23
Formula 1: Verstappen Didenda Rp814 Juta Usai Sentuh Mobil Hamilton

SAO PAULO - Peraturan dalam dunia balap memang tidak pernah main-main. Driver Red Bull Racing F1, Max Verstappen, didenda Rp814 juta 'hanya karena' menyentuh ekor mobil sang rival.

Peristiwa tersebut terjadi di sesi kualifikasi F1 GP Brasil 2021. Federasi Otomotif Dunia (FIA) akhirnya menatuhkan denda setelah Verstappen kedapatan menyentuh mobil Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas) di Parc Ferme.

Dalam bahasa Prancis, Parc Ferme berarti taman tertutup di mana itu merupakan wilayah aman bagi mobil para pembalap usai balapan. Artinya, tidak boleh ada yang berbuat aneh-aneh dalam kondisi tersebut.

Akan tetapi, The Dutch Devil -julukan Verstappen, malah berbuat usil. Alih-alih langsung masuk ke ruangan seperti Hamilton, usai balapan di kualfikasi yang digelar pada Jumat (12/11/2021) lalu, Verstappen kedapatan menyentuh sayap belakang mobil W12 milik Hamilton.

Unplublished video of Verstappen checking Hamilton's rear wing: #F1pl #EchaPadoku pic.twitter.com/bpWOhhF9Bk

Daniel Biay (@f1talks) November 13, 2021

Setelah diinvestigasi, FIA akhirnya menjatuhkan denda sebesar 50 ribu euro atau sekira Rp814 juta. FIA menyatakan Verstappen melanggar pasal 2.5.1 international sporting code yang di antaranya mengatur regulasi Parc Ferme.

"Di dalam Parc Ferme, hanya ofisial yang ditunjuk yang boleh masuk. Tidak ada operasi, pemeriksaan, penyetelan, atau perbaikan yang diizinkan kecuali diizinkan oleh pejabat yang sama atau oleh peraturan yang berlaku," bunyi pasal itu, dikutip dari Planet F1, Minggu (14/11/2021).

Karena terbukti melakukannya, Verstappen menjalani sidang selama 16 menit. Pada akhirnya, diketahui ia beruntung lantaran tidak dikenakan penalti dan hanya dikenakan denda. Keputusan itu dibuat FIA beberapa jam sebelum balapan Sprint.

Menanggapi denda itu, kepala tim Red Bull Racing , Christian Horner malah berkelakar. Horner mengatakan Verstappen selain mendapatkan denda, ia juga mendapatkan bonus lantaran sabet pole position usai Hamilton dikenakan penalti grid.

"Ironis karena dia didenda tapi kemudian dia (Verstappen) mendapat bonus karena mendapatkan pole position," kelakar Horner sebelum balapan Sprint berlangsung.

Sementara itu, hasil balapan Sprint sendiri telah keluar dengan Valtteri Bottas sebagai pemenangnya, dan Verstappen di urutan kedua. Di sisi lain, Hamilton tampil mengerikan usai memulai balapan terbelakang, dan akhirnya finis di posisi kelima.

Artikel Asli