Ramai Grazie Vale Iringi Perpisahan Valentino Rossi

Olahraga | apahabar.com | Published at Minggu, 14 November 2021 - 22:24
Ramai Grazie Vale Iringi Perpisahan Valentino Rossi

apahabar.com, JAKARTA Akhir penampilan Valentino Rossi di MotoGP, Mingu (14/11), sukses meriuhkan jagat media sosial.

Valentino Rossi melakoni seri pamungkas di MotoGP Valencia. Balapan di Sirkuit Ricardo Tormo ini juga menandai akhir kalender 2021.

Seri penutup itu dimenangi Francesco Bagnaia. Sedangkan Valentino Rossi finis di peringkat kesepuluh atau tak beranjak dari posisi start.

Meski demikian, sorotan utama tertuju kepada Valentino Rossi. Uniknya ketika balapan dinyatakan selesai, pengibar bendera finis adalah Ronaldo Luis Nazario de Lima.

Mantan pesepakbola itu merupakan salah seorang idola Rossi, ketika Ronaldo memperkuat Inter Milan. Ronaldo juga diketahui sempat menyambangi Rossi di paddock.

Lantas begitu balapan berakhir, hampir semua pebalap merubung Valentino Rossi yang sengaja berhenti di tikungan 15 untuk menyapa suporter.

Mereka turun dari motor dan satu persatu memeluk sang legenda. Selanjutnya Rossi naik ke pagar pembatas dan melambaikan tangan kepada penggemar di tribun.

Rossi kemudian berkendara mengelilingi sirkuit untuk kali terakhir. Terlihat sesekali pebalap berusia 42 tahun menyeka air mata.

Uniknya sejumlah kru tim-tim MotoGP bergabung di depan sepanjang paddock Sirkuit Ricardo Tormo untuk menyambut Valentino Rossi.

Bahkan Suzuki Ecstar sengaja membuat spanduk yang bertuliskan Grazie Per Lo Spettacolo untuk menyambut kedatangan Rossi ke paddock Petronas Yamaha.

Pemandangan lain adalah kehadiran sejumlah mantan rival Rossi di sirkuit. Mulai dari Max Biaggi, Casey Stoner hingga Dani Pedrosa.

Balapan terakhir Rossi juga membuat Twitter diramaikan tagar #grazievale yang digunakan tidak kurang dari 147 ribu cuitan.

Bahkan dalam daftar sepuluh besar trending topic, terdapat sejumlah tagar yang berhubungan dengan Rossi. Mulai dari #rossi, #motogp, #thedoctor dan #thelastdance.

Tidak cuma di Twitter, Instagram juga kebanjiran tagar #valentinorossi hingga mencapai 1,2 juta unggahan.

Valentino Rossi memenangi 9 gelar juara dunia, 7 di antaranya di kelas 500cc/MotoGP, serta masing-masing sekali di GP 125cc dan 250cc.

Selama 26 tahun berkarier, Rossi ambil bagian dalam 431 balapan, meraih 115 kemenangan, 235 kali naik podium, meraih 65 pole positions dan 96 fastest lap.

Rossi adalah pebalap tertua yang memenangi balapan MotoGP bermesin 4T, ketika finis terdepan di MotoGP Belanda 2017.

Berusia 38 tahun 129 hari, The Doctor mengalahkan Troy Bayliss yang berusia 37 tahun 213 hari sewaktu memenangi MotoGP Valencia 2006.

A hero's reception! @ValeYellow46 truly has been head and shoulders above the rest over a quarter of a century! #GrazieVale #ValenciaGP pic.twitter.com/gJWVGM9RFT

MotoGP (@MotoGP) November 14, 2021

Artikel Asli