Hasil MotoGP Valencia: Balapan Terakhir Rossi, Bagnaia Finis Terdepan

Olahraga | apahabar.com | Published at Minggu, 14 November 2021 - 21:04
Hasil MotoGP Valencia: Balapan Terakhir Rossi, Bagnaia Finis Terdepan

apahabar.com, VALENCIA Francesco Bagnaia memenangi MotoGP Valencia, Minggu (14/11). Ini merupakan balapan penutup musim, sekaligus penanda akhir karier Valentino Rossi.

Balapan di Sirkuit Ricardo Tormo dimulai dengan aksi Jorge Martin yang langsung tancap gas selepas start.

Pebalap Pramac Ducati tersebut dikuntit Joan Mir, Jack Miller, Francesco Bagnaia dan Alex Rins.

Sementara Valentino Rossi naik satu anak tangga dari posisi start ke urutan sembilan, setelah menelikung Johann Zarco sebelum lap pertama selesai.

Namun di lap 4, Rossi turun kembali ke urutan sepuluh. Barisan depan juga berubah, karena Francesco Bagnaia dan Alex Rins berturut-turut menyalip Joan Mir guna menempati tiga besar.

Takaaki Nakagami menjadi pebalap pertama yang mengalami crash. Rider Honda LCR Idemitsu ini tergelincir di tikungan 6.

Memasuki lap 9, Valentino Rossi kembali melorot ke urutan sebelas akibat disalip Enea Bastianini yang berusaha memelihara peluang meraih predikat rookie of the year.

Tak lama berselang, Alex Rins menyusul Takaaki Nakagami yang menyelesaikan balapan lebih awal. Situasi ini membantu Rossi untuk kembali menempati posisi kesepuluh.

Posisi pebalap terdepan berubah di lap 16. Francesco Bagnaia menyalip Jorge Martin dari sisi dalam di tikungan 14 untuk memimpin balapan.

Kemudian di lap 19, Jack Miller membuat tiga motor Ducati berpeluang finis podium, setelah mengambil posisi ketiga dari tangan Joan Mir.

Hingga balapan berakhir, posisi tiga besar tak berubah. Francesco Bagnaia menjadi pemenang, diikuti Jorge Martin dan Jack Miller.

Selanjutnya Joan Mir, Fabio Quartararo, Johan Zarco, Brad Binder, Enea Bastianini, Aleix Espargaro dan Valentino Rossi melengkapi sepuluh besar.

Begitu balapan berakhir, hampir semua pebalap merubung Valentino Rossi yang sengaja berhenti di tikungan 15 untuk menyapa suporter.

Mereka turun dari motor dan satu persatu memeluk sang legenda. Selanjutnya Rossi naik ke pagar pembatas dan melambaikan tangan kepada penggemar di tribun.

Rossi kemudian berkendara mengelilingi sirkuit untuk kali terakhir. Terlihat sesekali pebalap berusia 42 tahun menyeka air mata.

Uniknya sejumlah kru tim-tim MotoGP bergabung di depan paddock Petronas Yamaha untuk menyambut Valentino Rossi.

Artikel Asli