Intip 5 Rekor Cristiano Ronaldo, Mr Gol Abad Ke-21

Olahraga | sindonews | Published at Minggu, 14 November 2021 - 20:30
Intip 5 Rekor Cristiano Ronaldo, Mr Gol Abad Ke-21

Cristiano Ronaldo tak hanya melekat dengan rambut klimis dan ketampanannya saja. Pemain yang dikenal dengan julukan CR7 itu juga punya magis lain di dalam lapangan hijau.

Karier Ronaldo di lapangan hijau memang sudah tak diragukan lagi. Sudah banyak cerita yang dituliskannya bersama klub papan atas Eropa. Mulai dari Sporting, Manchester United, Real Madrid, Juventus, hingga bernostalgia dengan Setan Merah musim ini.

Bersama Lionel Messi, mesin gol berusia 36 tahun ini dianggap sebagai pesepak bola terbaik abad ke-21. Tapi ada satu catatan yang sangat membanggakan ketika berbicara tentang Ronaldo.

Ya, ini berkaitan dengan instingnya dalam mencetak gol. Ronaldo terkenal dengan kemampuan mencetak golnya. Megabintang Portugal itu kerap membanggakan dirinya ketika ada rekor muncul yang melibatkan golnya.

Berikut 5 Hal Tentang Mr Gol Cristiano Ronaldo:

1. Cristiano Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa

Jika ada rekaman yang mengakhiri perdebatan, ini dia. Cristiano Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sejarah sepak bola. Dia telah mencetak 794 kali, menyalip rekor lama Pele dengan 765 gol.

Mesin gol asal Portugal itu mencatat rekor ini ketika ia mencetak gol ke gawang Verona di Serie A pada 21 Februari 2021. Itu adalah golnya yang ke-766, dan ia telah menambah hampir 30 gol dalam sembilan bulan. Tidak seperti Pele, Ronaldo terlambat berkembang dan masih kuat.

Seperti dalam banyak kasus, Lionel Messi adalah satu-satunya ancaman bagi rekor Ronaldo. Penyerang Argentina itu telah mencetak 755 gol. Ronaldo akan bertekad untuk memertahankan level yang sama sehingga bisa memimpin secara signifikan sebelum sang legenda memutuskan pensiun.

2. Gol internasional terbanyak

Cristiano Ronaldo adalah binatang buas saat ia tampil di sepak bola internasional. Ronaldo telah mencetak 115 gol dalam 183 pertandingan untuk Portugal. Legenda Iran Ali Daei memegang rekor ini selama sekitar dua dekade sebelum Ronaldo memecahkannya beberapa bulan lalu.

Ketika Ronaldo mencetak gol internasionalnya yang ke-110 melawan Irlandia dalam kualifikasi Piala Dunia pada 2 September lalu, dia menulis bab lain untuk dirinya sendiri dalam buku sejarah sepak bola. Ia juga telah mencatatkan 10 hat-trick untuk Portugal.

Tidak seperti rekor pencetak gol terbanyak Liga Champions, Ronaldo memiliki keunggulan substansial atas pemain aktif dalam hal sebagian besar gol internasional. Lionel Messi tertinggal 35 gol dari penembak jitu asal Portugal itu.

3. Cetak Lebih dari 50 Gol di 3 Kompetisi Berbeda

Cristiano Ronaldo telah membuktikan kredensialnya di beberapa liga Eropa. Sementara kesetiaan selalu merupakan sifat yang baik untuk dimiliki seorang pesepak bola, tapi CR7 punya cerita lain.

Ronaldo sudah membuktikannya bahwa ia mampu beradaptasi dengan baik. Bahkan CR7 ibarat selalu diselimuti dewi keberuntungan ke mana pun ia pergi, terutama ketika tampil di Liga Inggris, Liga Spanyol, maupun Italia.

Ronaldo adalah satu-satunya pesepak bola yang mencatat lebih dari 50 gol di tiga dari lima liga top Eropa. Pada saat penulisan, mesin gol masing-masing telah mengantongi 88, 311 dan 81 gol di Liga Inggris, La Liga dan Serie A.

Selain itu, ia juga satu-satunya pesepak bola yang telah mencetak lebih dari seratus gol di tiga negara berbeda. Ini adalah rekor penting yang menempatkan Ronaldo selangkah lebih maju dari Lionel Messi seperti yang telah ia lakukan di berbagai liga di Eropa.

4. Gol Terbanyak dalam Sejarah Liga Champions

Setiap melangkah di panggung besar tak ada namanya perasaan demam panggung. Yang ada Cristiano Ronaldo justru kerap menghipnotis penggemar sepak bola setiap kali tampil. Inilah yang terjadi saat menunjukkan kebolehannya di Liga Champions.

Karena konsistensinya di Liga Champions, Ronaldo telah mencetak rekor 139 gol sejauh ini. Dia telah mencetak 16 gol lebih banyak dari Lionel Messi, yang merupakan pesaing terdekatnya.

Bukan hanya tentang gol yang melekat pada diri Ronaldo. Anehnya, ia juga memegang rekor assist terbanyak (42) di kompetisi tersebut. Mengingat tingkat kebugaran Ronaldo, dia pasti akan bermain selama beberapa tahun lagi dan menambah jumlah 139 golnya.

Cristiano Ronaldo telah mencetak 139 gol ini dalam 180 penampilan, dengan rasio 0,77 gol per pertandingan. Dari jumlah tersebut, hanya 17 yang datang dari jarak 12 yard, menjadikannya pencetak gol non-penalti tertinggi dalam kompetisi juga.

5. Pencetak Gol Terbanyak Liga Champions

Cristiano Ronaldo sering disebut sebagai "Mr. Liga Champions", dan ada alasan di balik itu. Selain memenangkan trofi Liga Champions terbanyak bersama, striker Manchester United itu juga menyelesaikan sebagian besar musim sebagai pencetak gol terbanyak turnamen yang diikuti 32 tim.

Ronaldo telah menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Champions pada tujuh kesempatan (200708, 201213, 201314, 201415, 201516, 201617, 201718). Semua kecuali satu dari tujuh musim itu datang dengan mengenakan kaus putih terkenal dari Real Madrid.

Musim paling produktifnya di Liga Champions terjadi pada 2013-14, saat ia mencetak 17 gol. Cristiano Ronaldo juga memenangkan penghargaan pencetak gol terbanyak Liga Champions dalam enam kampanye berturut-turut dengan Real Madrid, rekor yang sangat sulit untuk dipecahkan.

Artikel Asli