Resmi Dinaturalisasi, Dua Bintang Asli Inggris Sukses Debut di Timnas Negara Lain

Olahraga | indosport.com | Published at Minggu, 14 November 2021 - 15:56
Resmi Dinaturalisasi, Dua Bintang Asli Inggris Sukses Debut di Timnas Negara Lain

INDOSPORT.COM - Pada jeda internasional kali ini ada sejumlah pemain naturalisasai yang mendapat debut bersama negara barunya. Diantaranya adalah dua bintang asal Inggris yakni Matty Cash dan Ike Ugbo.

Keduanya lahir di dan sempat memegang KTP Inggris namun kemudian memutuskan untuk menerima panggilan tim nasional negara lain. Cash kini berbaju Polandia sementara Ugbo memilih Kanada.

ZMIANA
Frankowski, Krychowiak, Klich
Pitek, Linetty, Cash
___
64' #ANDPOL 1:3 pic.twitter.com/QrdetVD90N

czy nas pika (@LaczyNasPilka) November 12, 2021

Secara garis keturunan, dalam tubuh Cash mengalir darah Polandia dari sang ibu yang memang asli dari sana. Bek kanan Aston Villa tersebut sendiri baru mengajukan permintaan pindah kaganegaraan pada Semptembr 2021 lalu.

Banyaknya pemain top di posisi fullback kanan Inggris seperti Kyle Walker, Reece James, dan Trent-Alexander Arnold membuatnya berpikir untuk membela Polandia. Niatan tersembut kemudian langsung membuatnya masuk dalam skuat The Eagles dan mendapat debut kontra Andorra pada Sabtu (13/11/21) lalu di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022.

Congrats to Ik Ugbo for making his #CANMNT debut! #WCQ #ForCanada pic.twitter.com/NeIhZExYLk

Canada Soccer (@CanadaSoccerEN) November 13, 2021

Sementara itu Ugbo sama sekali tidak punya keluarga yang berasal dari Kanada. Orangtuanya sendiri adalah imigran Nigeria di Inggris. Akan tetapi ia besar di Kanada sejak masih bayi sehingga berhak memilih untuk menjadi warga negara beriklim dingin tersebut.

Ugbo memang jebolan akademi Chelsea sebelum kini berbaju Genk namun ia lebih dulu menimba ilmu sepak bola di Kanada. Brampton East SC dan Woodbridge Strikers adalah klub tempat bernaung penyerang tengah 23 tahun itu di masa lampau.

Debutnya untuk Les Rouges pada laga melawan Kosta Rika akhir pekan ini hanya berlangsung selama tujuh menit karena dimulai dari bangku cadangan. Akan tetapi ke depannya Ugbo hampir dipastikan bakal jadi pilihan utama pelatih John Herdman.

Artikel Asli