Bersama Persib, Robert Alberts Ingin Cetak Sejarah Baru di Liga Indonesia

Olahraga | skor.id | Published at Minggu, 14 November 2021 - 15:45
Bersama Persib, Robert Alberts Ingin Cetak Sejarah Baru di Liga Indonesia

SKOR.id - Persib Bandung bertekad terus mempertahankan rekor tak terkalahkan di Liga 1 2021-2022. Konsistensi itu bisa membuat Persib semakin berpeluang meraih gelar juara.

Hingga pekan kesebelas Liga 1 2021-2022 ini, tim berjulukan Pangeran Biru sudah berhasil mengumpulkan 25 poin, hasil dari tujuh kemenangan dan empat hasil imbang.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, memiliki pengalaman bagus dalam hal tersebut.

Sepanjang kariernya, Robert Alberts pernah membawa tiga tim meraih gelar juara dengan rekor tak terkalahkan.

Ketika di Malaysia, Robert Alberts mengantarkan Kedah FA menjadi juara Liga Semi-Pro Divisyen 2 pada 1992.

Waktu itu, Kedah FA meraih gelar juara setelah meraih 11 kemenangan dan tiga kali imbang.

Selain Kedah FA, Robert Alberts juga pernah membawa Sarawak menjadi juara pada 2013. Dari 22 laga yang dilakoni Sarawak, 18 pertandingan berhasil dimenangi, sedangkan empat laga lainnya berakhir seri.

Catatan serupa juga sudah dirasakan Robert Alberts semasa memimpin tim asal Singapura, Home United, pada musim 1999. Sejak awal musim hingga dinyatakan sebagai juara, Home United tak terkalahkan.

Skuad asuhan Robert Alberts akhirnya memang mengalami kekalahan pada laga terakhir Liga Singapura 1999. Tapi kekalahan itu datang setelah gelar juara mereka dapatkan.

"(Kekalahan) itu terjadi setelah kami sudah memastikan diri meraih juara dan kemudian berkonsentrasi dengan FA Cup," kata Robert Alberts, dikutip dari laman Persib.

"Lawan di pertandingan terakhir liga itu (Tanjong Pagar United) adalah lawan yang sama yang akan kami hadapi di FA Cup, maka dari itu saya memilih menurunkan tim kedua," ia menambahkan.

Rekor pribadi yang pernah ditorehkan Robert Alberts bersama Kedah FA, Sarawak, dan Home United itu ingin ia ulangi lagi bersama Persib di Liga 1 2021-2022.

"Saya pernah tiga kali membawa tim menjadi juara dengan unbeaten . Saya termotivasi untuk meneruskannya bersama Persib," ujar pelatih asal Belanda tersebut.

Untuk itu, ia akan terus bekerja keras agar berbagai kekurangan di kubu Persib bisa diperbaiki.

Jika dapat mewujudkannya, Persib bisa membuat sejarah baru, yakni menjadi tim pertama di Indonesia yang meraih gelar juara tanpa kekalahan.

Adapun salah satu kunci untuk mewujudkan mimpi tersebut yakni Persib harus mampu mengalahkan Persija Jakarta pada laga pembuka seri ketiga Liga 1 2021-2022.

Saat ini, pelatih berusia 66 tahun memfokuskan menu-menu latihannya untuk menghadapi Persija pada Sabtu (20/11/2021) malam di Stadion Manahan, Solo.

Ia tidak terlalu pusing dengan raihan poin yang akan didapatkan Persib dalam pertandingan tersebut.

Tapi bermain baik dan tidak menelan kekalahan sudah bagus untuk mewujudkan cita-cita menjadi juara tanpa tersentuh kekalahan.

Meski begitu, eks pelatih PSM Makassar itu yakin bahwa skuad asuhannya akan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih tiga poin di setiap pertandingan.

"Terpenting adalah bukan berapa poin yang ingin kami dapat, tetapi bagaimana memulai dengan baik yaitu menghadapi Persija," ucap Robert.

"Itu (laga perdana) adalah fokus kami yang utama lalu setelah itu kami akan mempertimbangkan yang lainnya. Namun yang pasti, kami akan berusaha meraih poin sebanyak mungkin," ia menambahkan.

Pemain Asing Persib Anggap Lawan Persija Sama Seperti Laga Biasa Lainnya

Rintangan Terberat bagi Pelatih Persib di Seri Ketiga Liga 1 2021-2022, Bukan Persija

&
Artikel Asli