Wajib Dipantau! Darren Sidoel, Eks Ajax Berdarah Wonosobo Alternatif buat Timnas Indonesia

Olahraga | indosport.com | Published at Minggu, 14 November 2021 - 14:30
Wajib Dipantau! Darren Sidoel, Eks Ajax Berdarah Wonosobo Alternatif buat Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM - Melihat profil serta potensi Darren Sidoel, salah satu eks Ajax Amsterdam berdarah Wonosobo, mungkin bisa jadi alternatif pelatih Shin Tae-yong buat Timnas Indonesia.

Dalam sepekan terakhir, kabar soal naturalisasi pemain di skuat timnas Indonesia memang sedang jadi perbincangan hangat buat para penggemar sepak bola Tanah Air.

Apalagi, pelatih timnas Indonesia sendiri yakni Shin Tae-yong yang secara terang-terangan mengajukan empat nama pemain kepada PSSI untuk bisa dijadikan penggawa Garuda.

Dari empat nama tersebut, ada sosok Jordi Amat dan Sandy Walsh yang memang belakangan gencar dirumorkan bakal memperkuat skuat Garuda.

Kabar mengenai naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh ini berembus saat salah satu pejabat PSSI tanpa sengaja memperlihatkan dokumen yang berisi foto Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Disinggung hal ini, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan tidak menampik. Baginya, ia memang memberikan kebebasan kepada Shin Tae-yong untuk mencari pemain.

Iriawan pun menambahkan bahwa ia tetap dalam komitmennya yang akan mengakomodasi keinginan Shin Tae-yong, termasuk perihal pemain naturalisasi yang diinginkan.

Selain Jordi Amat dan Sandy Walsh, sejatinya cukup banyak pemain-pemain keturunan di Eropa yang punya prestasi mentereng dan juga layak mendapat kesempatan memperkuat timnas Indonesia.

Salah satunya adalah Darren Sidoel, eks gelandang timnas Belanda jebolan Ajax Amsterdam, yang bisa jadi opsi jenderal lapangan tengah dalam taktik Shin Tae-yong.

Kehadiran sosok gelandang baru sejatinya memang sangat dibutuhkan Shin Tae-yong, apalagi gelandang utama timnas Indonesia yakni Syahrian Abimanyu, mengalami cedera dan berpotensi absen di Piala AFF 2020.

Lantas, seperti apakah profil dan perjalanan karier Darren Sidoel hingga membuatnya layak dapat kesempatan di timnas Indonesia? Berikut INDOSPORT coba merangkum:

Profil Singkat

Darren Sidoel (Ajax). Copyright: ajax1.nl Darren Sidoel (Ajax), pemain berdarah Indonesia

Jika mendengar namanya, publik tentunya akan menebak bahwa Darren Sidoel merupakan pesepak bola asal Betawi.

Hal tersebut tak terlepas karena adanya serial film ternama di Indonesia, yakni Sidoel Anak Sekolahan. Namun nyatanya, dirinya memiliki keturunan Jawa, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, dari sang ayah.

Sang pemain pun sempat memberikan syarat bahwa dirinya tak menutup kemungkinan untuk bisa bergabung ke timnas Indonesia.

Sidoel sendiri merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah. Dirinya pun memiliki fleksibilitas, karena ia bisa bermain sebagai gelandang dan bek kanan.

Dilansir dari laman Transfermarkt, disebutkan bahwa Darren Sidoel sudah malang melintang di kompetisi Eropa dengan memperkuat beberapa tim mulai Liga Belanda, Inggris, Belgia, Spanyol, hingga Bulgaria.

Setelah dua musim memperkuat Ajax Amsterdam (2016 hingga 2018), Darren Sidoel pindah ke Liga Inggris dengan memperkuat Reading.

Hanya semusim, Darren kembali pindah klub dan kali ini Arda Kardzhali yang mentas di Liga Bulgaria jadi pilihan.

Seusai minim menit bermain pascapergantian pelatih, Darren Sidoel hijrah ke Liga Spanyol dengan memperkuat Crdoba, sebelum akhirnya dipinjamkan ke Hercules hingga kontraknya berakhir akhir musim 2021 lalu.

Saat ini Darren Sidoel yang sepertinya ingin lebih dekat dengan Indonesia, memutuskan bergabung dengan raksasa Liga India, East Bengal, dan baru akan memulai kompetisi pertengahan November nanti.

Artikel Asli