5 Catatan Impresif Kylian Mbappe Usai Cetak Quat-trick Perdana untuk Prancis

Olahraga | skor.id | Published at Minggu, 14 November 2021 - 11:45
5 Catatan Impresif Kylian Mbappe Usai Cetak Quat-trick Perdana untuk Prancis

SKOR.id - Kylian Mbappe akhirnya "meledak" dan pecah telur bersama Prancis setelah paceklik gol sepanjang fase penyisihan grup Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Menghadapi Kazakhstan di Parc des Princes, Mbappe tampil luar biasa dengan mencetak quat-trick dan satu assist dalam kemenangan 8-0 timnya, Minggu (14/11/2021).

Sisa empat gol Les Bleus dicetak oleh Karim Benzema (dobel), Adrien Rabiot, dan Antoine Griezmann.

Khusus untuk Mbappe, penyerang Paris Saint-Germain (PSG) ini pun menancapkan tonggak sejarah atas prestasinya malam itu.

Kemenangan tersebut juga mengantar Prancis menyegel satu tempat di putaran final Piala Dunia di Qatar yang akan digelar 21 November-21 Desember 2022.

Setelah tujuh pertandingan, tim asuhan Didier Deschamps meraih 15 poin, 4 poin lebih banyak dari tim peringkat kedua Finlandia (11 poin).

Pada hari Prancis menang dan memenangkan tiket Piala Dunia, Mbappe mencapai prestasi pribadi yang tak terlupakan.

Secara spesifik, Mbappe menjadi pemain pertama yang mencetak empat gol atau lebih dalam satu pertandingan untuk Prancis sejak Juni 1958.

Pada 63 tahun yang lalu, pemain legendaris Prancis, Just Fontaine, melakukan hal serupa.

Mantan penyerang Reims itu empat kali menjebol gawang Jerman Barat dalam kemenangan 6-3 Prancis di Piala Dunia 1958.

Kegembiraan pun diluapkan Mbappe setelah pertandingan berakhir. Ia bahkan membawa pulang bola bersejarahnya itu.

"Saya meminta bola pertandingan ini sebagai suvenir. Namun, kemenangan tim dan tiket ke Piala Dunia adalah hal yang paling penting," tuturnya.

"Saya mengalami masa-masa sulit dengan tim nasional, tetapi banyak berkembang tahun ini."

"Semuanya berjalan seperti yang saya inginkan. Kami akan pergi ke Qatar dengan tujuan memenangkan kejuaraan."

Sebelum meledak melawan Kazakhstan, Mbappe tak mampu merobek gawang lawan Prancis dalam empat pertandingan. Dia juga absen dari dua laga karena cedera.

Menghadapi Kazakhstan,Kylian Mbappe melepaskan tujuh tembakan, 6 di antaranya tepat sasaran.

Pemain yang santer akan dipinang Real Madrid inijuga 83 kali menyentuh bola, 3 kali crossing, 2 kali memenangkan duel, dan membuat 1 peluang.

Kini, Mbappe dan rekan-rekannya akan melakoni laga pamungkas Grup D melawan Finlandia pada 17 November.

Ini bakal menjadi pertandingan formalitas bagi Les Bleus. Adapun Finlandia harus menang untuk memastikan merebut tempat play-off.

Berikut 5 Catatan Menawan Kylian Mbappe setelah Mencetak Quat-trick Perdana untuk Prancis:

1. Kylian Mbappe adalah pemain yang mencetak 4 gol atau lebih dalam satu pertandingan untuk Prancis sejak Just Fontaine pada 28 Juni 1958, saat melawan Jerman Barat.

2. Hanya tiga pemain yang berhasil mencetak hat-trick untuk Prancis sejak 2000, yakni David Trezeguet (2000), Olivier Giroud (2017), Kylian Mbappe (2021).

3. Mbappe adalah pemain pertama yang mencetak hat-trick di pertandingan resmi untuk Prancis sejak Dominique Rocheteau pada Oktober 1985, kala menghadapi Luksemburg.

4. Kylian Mbappe telah mencetak 23 gol untuk Les Bleus dalam usia 22 tahun 10 bulan, tiga tahun lebih muda dari pemain Prancis lainnya yakni Thierry Henry pada usia 25 tahun dan 10 bulan pada Juni 2003.

5. Mbappe menjadi pemain tersubur keempat timnas Prancis yang masih aktif setelah Karim Benzema (35 gol) Antoine Griezmann (42), dan Olivier Giroud (46).

12 Laga Final yang Sukses Dimenangi Raphael Varane di Real Madrid dan Timnas Prancis

&

Artikel Asli