Dirut PPK GBK Dukung IBL 2022 Digelar di Hall Basket Senayan

Olahraga | republika | Published at Minggu, 14 November 2021 - 05:20
Dirut PPK GBK Dukung IBL 2022 Digelar di Hall Basket Senayan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) Rakhmadi Afif Kusumo mendukung rencana pembukaan musim kompetisi IBL 2022 di Hall Basket GBK, Senayan, Jakarta. Adi, sapaannya, berharap saat IBL bergulir nanti, penonton sudah bisa datang menyaksikan langsung dari tribun meski dalam jumlah terbatas.

"Namun, kami menghormati keputusan kementerian terkait maupun Satgas Covid-19. Yang jelas, kami sangat mendukung jika IBL 2022 yang berlangsung di GBK disaksikan penonton," kata Adi saat menghadiri acara Fun Basketball IBL dengan pewarta bola basket Tanah Air, sponsor, dan PPK GBK, di Hall Basket, Sabtu (13/11).

Sejak direnovasi untuk penyelenggaraan Asian Games 2018, Hall Basket GBK tak lagi dipergunakan untuk kompetisi IBL. Manajemen IBL memilih Britama Arena, Mahaka Square, Kelapa Gading serta Hall Basket Gelandang Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, untuk menggelar seri ataupun play-off dan final. Musim 2021, IBL malah menggelar seluruh seri dengan sistem bubble di Cisarua sebelum menghelat play-off dan final di Britama Arena.

Setelah diganggu Covid-19 dan dalam proses pemulihan menuju normal, IBL berencana melakuan napak tilak dengan menggelar seri pembuka musim 2022 di Hall Basket GBK. Sebab, tempat ini merekam sejumlah cerita dan sejarah bola basket nasional maupun tim nasional basket Indonesia.

Manajemen IBL sudah berkomunikasi dengan PPK GBK untuk menyelenggarakan seri perdana di tempat bersejarah tersebut. Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah pun bangga IBL bisa kembali ke Hall Basket GBK sebagai tuan rumah seri IBL.

Pandemi Covid-19 yang sudah membaik di Jakarta dan sebagian besar wilayah Indonesia menjadi alasan IBL berencana membuka musim 2022 di sana. Apalagi, kata Junas, penggemar basket Indonesia sudah sangat rindu menyaksikan pertandingan IBL di GBK. Terakhir IBL digelar di tempat ini pada 2016.

"Padahal, ini tempat yang sangat bersejarah untuk basket Indonesia. Tak terhitung berapa banyak pertandingan legendaris yang berlangsung di sini," kata Junas yang ikut bermain membela tim IBL dalam acara Fun Basketball tersebut.

Junas berharap semua berjalan lancar. IBL sudah merancang jadwal kompetisi musim depan, tapi belum merilis secara resmi. Melihat pergerakan Junas sebelumnya menyambangi sejumlah daerah, seri IBL bakal digelar di Bandung, Surabaya, dan Denpasar.

Artikel Asli