Inggris Belum Lolos, Gareth Southgate Minta Jangan Bicara Kontrak

Olahraga | sindonews | Published at Minggu, 14 November 2021 - 02:15
Inggris Belum Lolos, Gareth Southgate Minta Jangan Bicara Kontrak

LONDON - Pelatih tim nasional (timnas) Inggris Gareth Southgate berharap tidak diganggu soal perpanjangan kontrak. The Three Lions belum mengamankan tiket ke Piala Dunia 2022 di Qatar meski sukses membantai Albania.

Harry Kane dkk menang 5-0 atas Albania pada penyisihan Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Wembley Stadium, London, Sabtu (13/11/2021. Meski bungkam terkait kesepakatan kontrak baru, Southgate memberikan sinyal bahwa dirinya akan mendampingi Inggris lebih lama lagi.

Mantan juru taktik Middlesbrough itu menyebut dirinya mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak untuk mempersembahkan prestasi untuk Inggris.

Sebelumnya, Southgate diisukan akan teken kontrak baru usai Piala Dunia Qatar 2022 berakhir. Kabarnya, mantan pemain Crystal Palace dan Aston Villa itu akan menyepakati kontrak baru berdurasi dua tahun.

Itu artinya, Southgate akan bersama Timnas Inggris hingga Piala Eropa 2024 Jerman berakhir. Piala Dunia di Qatar dan Piala Eropa di Jerman akan menjadi momen bagi Southgate untuk membuktikan bahwa dirinya lah juru selamat yang telah lama dicari publik sepak bola Inggris.

Menanggapi hal itu, Southgate tutup mulut. Akan tetapi, pria berusia 51 tahun itu memberi kode bahwa dirinya akan menangani Timnas Inggris lebih lama lagi.

"Kami belum selesai (di Kualifikasi Piala Dunia) dan akan salah jika perhatian saya berada di tempat lain selain itu. Tugas saya adalah membawa tim ini ke Piala Dunia 2022 dan kemudian kami akan lihat setelah itu," kata Southgate kepada ITV dilansir Sky Sports, Sabtu (13/11/2021).

"Ini tidak relevan, saya terikat kontrak, saya tidak habis kontrak dan saya sangat didukung di sini, saya sudah mengatakan itu selama ini. Fokus saya hanya menyelesaikan kualifikasi ini dan yang lainnya bisa menunggu."

Inggris akan melanjutkan ke markas San Marino, Selasa 16 November 2021 untuk memastikan tiket otomatis ke putaran final Piala Dunia Qatar 2022. Inggris bersaing ketat dengan Polandia untuk memperebutkan tiket final tersebut.

Artikel Asli