Pelatih Persebaya, Terbiasa dengan Kondisi Timnya yang Tak Sempurna

Olahraga | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 16:55
Pelatih Persebaya, Terbiasa dengan Kondisi Timnya yang Tak Sempurna

JawaPos.com- Pelatih Persebaya Aji Santoso semakin terbiasa dengan kondisi skuadnya yang tak bisa sempurna. Sejak awal kompetisi, selalu ada cobaan dengan adanya pemain yang cedera atau dipanggil timnas.

Yang terbaru, menyongsong seri ketiga Liga 1 20212022, Aji lagi-lagi tak bisa menurunkan skuad komplet.

Dua pemain andalannya Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya bakal absen lama karena membela timnas Indonesia. Keduanya bakal terbang ke Turki untuk menjalani training camp dan FIFA Matchday.

Dilanjutkan dengan pada Desember mendatang, tepatnya 9 Desember, timnas akan melakoni laga perdana Piala AFF melawan Kamboja di Singapura.

Rian dan Ricky hampir pasti masuk skuad Piala AFF pilihan pelatih timnas Shin Tae-yong. Aji kembali putar otak. Mulai kemarin (10/11), dia sudah menyiapkan solusi bila Persebaya bermain tanpa Rian dan Ricky. Pemain lokal adanya ini yang sudah didaftarkan. Yang ada ini yang akan saya putar, tuturnya.

Kabar gembira, dalam latihan kemarin beberapa pemain muda seperti Fernando P. menunjukkan kualitasnya. Belum lagi ada nama Dicky Kurniawan yang juga siap menjadi pengganti Rian dan Ricky. Ada kemungkinan di seri ketiga ada pemain yang debut, katanya.

Artinya, Dicky maupun Fernando hingga Ruy Arianto bisa melakoni debut. Apalagi, jadwal delapan pertandingan di seri ketiga sangat ketat . Waktu recovery juga kurang. Jadi akan ada rotasi. Semua pemain harus siap dimainkan, ungkapnya.

Tim pelatih bakal mengatur rotasi itu dengan baik. Mengatur ritme agar tidak ada perbedaan kualitas meski pemain pengganti yang bermain. Tapi, sebenarnya normal jika satu atau dua pertandingan mainnya tidak seperti biasanya. Wajar, ungkapnya.

Dalam latihan kemarin pagi di Stadion Gelora 10 November, Surabaya, Rendi Irwan dkk sudah diberi materi fisik dengan intensitas tinggi. Aji menuturkan, anak asuhnya harus siap mengingat fisik mereka wajib 100 persen di seri ketiga nanti. Karena tiap laga akan menguras fisik, ungkapnya.

Latihan fisik dengan intensitas tinggi itu akan terus digenjot sampai Sabtu (13/11). Setelah itu, baru pekan depan masuk ke latihan taktikal. Saya akan benahi pertahanan dulu, baru nanti ke penyerangan, ucap Aji.

Artikel Asli