La Fabrica Real Madrid, Pabrik Striker untuk Timnas Spanyol

Olahraga | skor.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 12:00
La Fabrica Real Madrid, Pabrik Striker untuk Timnas Spanyol

SKOR.id - La Fabrica, akademi Real Madrid, merupakan tempat gudangnya penyerang untuk tim nasional Spanyol.

Pemanggilan Raul de Tomas baru-baru ini memperkuat pendapat tersebut. Penyerang 27 tahun dipanggil Luis Enrique untuk menggantikan Ansu Fati yang cedera.

Dengan demikian, daftar penyerang produk La Fabrica Real Madrid yang memperkuat timnas Spanyol pun makin panjang.

Mantan penyerang Real Madrid, Raul Gonzalez Blanco adalah pencetak gol terbanyak kedua di tim Spanyol, setelah David Villa.

Raul membukukan 44 gol dari 102 pertandingan hingga Maret 2011, ketika Villa mengambil alih posisi pertama pemain tersubur sepanjang masa La Roja.

Raul juga menjadi pembatas terakhir striker yang datang ke timnas dari tim utama Real Madrid.

Sejak Javier Clemente memanggil Raul untuk La Roja, pada 9 Oktober 1996 Praha, tidak ada lagi striker Los Blancos yang ke timnas langsung dari skuad utama.

Kendati begitu, jejak Madrid tak hilang begitu saja, banyak penyerang alumni La Fabrica yang masih menghiasi timnas, teranyar De Tomas.

Sebelum pemain yang kini memperkuat Espanyol itu, ada Alvaro Morata, Rodrigo, Roberto Soldado dan Ismael Urzaiz. Berikut daftar dan penjelasan lengkapnya:

Ismael Urzaiz

Striker kelahiran Navarra ini datang ke La Fabrica pada 1985, saat berusia 14 tahun. Setelah lima tahun, ia akhirnya promosi ke Madrid B dan naik kelas ke tim senior pada 1990.

Selama di Madrid, dia lebih banyak dipinjamkan hingga akhirnya berlabuh ke Athletic Bilbao, klub yang membesarkan namanya dan mendapat panggilan timnas.

Debutnya dengan Spanyol terjadi di hari yang sama dengan Raul, yakni 9 Oktober 1996. Di La Roja, Urzaiz memainkan 25 pertandingan dan mencetak delapan gol.

Urzaiz tampil di Piala Eropa 2000, bersama Spanyol asuhan Camacho, dan bermain dalam empat pertandingan.

Roberto Soldado

Striker kelahiran Valencia ini mengenyam pendidikan di La Fabrica selama dua tahun (2000-2002, lalu ke tim senior pada 2005.

Dia mendapatkan panggilan pertama timnas Spanyol tampil apik saat dipinjamkan ke Osasuna pada musim 2006-2007 (mencetak 11 gol dari 30 laga).

Luis Aragones menjadi pelatih timnas yang memberikan debut Soldado, melawan Latvia.

Sempat menghilang, Soldado kembali memperkuat timnas asuhan Vicente del Bosque pada Februari 2012, ketika ia mencetak hat-trick ke gawang Venezuela.

Total ada tujuh gol dari 12 pertandingan La Roja dimainkan penyerang yang kini memperkuat Levante itu.

Rodrigo

Pemain Spanyol kelahiran Brasil ini berada di La Fabrica pada 2009, dan langsung memperkuat Real Madrid C, lalu B, dan dilepas ke Benfica pada 2010.

Rodrigo menerima panggilan timnas ketika sudah berseragam Valencia (2014-2020), di mana dia menjelma menjadi penyerang tajam dengan mencetak 38 gol.

Sebelum tim senior, Rodrigo tampil brilian di Spanyol U-21 dengan koleksi 15 gol dari 18 pertandingan.

Pemain yang kini memperkuat Leeds United itu telah menyumbang 8 gol dari 25 pertandingan La Roja, dan masuk skuad Piala Dunia di Rusia.

Alvaro Morata

Sejak remaja, Alvaro Morata telah menjadi langganan timnnas dari level U-17 hingga saat ini di tim senior.

Morata mengecap pendidikan di akadem Real Madrid selama dua musim (2008-2010), dan promosi ke tim Madrid B dan Senior pada 2010.

Namun persaingan ketat di lini depan Madrid yang saat itu dihuni Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Angel di Mara memaksa Morata pergi ke Juventus.

Bersama Si Nyonya Tua, Morata pun mendapatkan tempat di timnas asuhan Vicente del Bosque. Debutnya terjadi pada November 2014, melawan Belarusia.

Morata sekarang ini mengantongi 22 gol untuk Spanyol dalam 48 pertandingan dan merupakan bagian dari pemain inti Luis Enrique.

Raul de Tomas

Cederanya Ansu Fati memberi jalan untuk Raul de Tomas mengenakan seragam La Roja. Dia tidak bermain untuk tim nasional sejak 7 Juni 2013, ketika melawan Yunani di Piala Eropa U-19.

Ia datang ke timnas sebagai pemain Espanyol setelah sebelumnya memperkuat Crdoba, Valladolid, Rayo Vallecano, dan Benfica.

De Tomas datang sebagai pemain tersubur kedua sementara Liga Spanyol saat ini, yakni tujuh gol, selevel dengan winger Madrid Vinicius Junior.

De Tomas cukup lama berada di La Fabrica, dari 2004 hingga 2013. Sayangnya dia tidak pernah mendapat kesempatan bermain untuk tim senior Madrid.

Prediksi Yunani vs Spanyol: Laga Penentuan, La Roja Diterjang Badai Cedera

VIDEO: Perjalanan Spanyol Menuju Yunani Jelang Duel di Kualifikasi Piala Dunia 2022

&
Artikel Asli