Aston Villa Tiket Steven Gerrard untuk Melatih Liverpool

Olahraga | skor.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 11:45
Aston Villa Tiket Steven Gerrard untuk Melatih Liverpool

SKOR.id - Jalan Steven Gerrard sebagai pelatih tidak langsung ke Liverpool. Pria 41 tahun ini harus meniti kariernya di Rangers FC.

Selanjutnya, legenda hidup The Reds ini akan mencoba melanjutkannya di Liga Inggris. Tapi, bukan bersama Liverpool tentunya melainkan dengan Aston Villa.

Ya, selama di Liverpool masih ada Jurgen Klopp, tidak mungkin bagi Steven Gerrard untuk kembali ke Anfield.

Bukan hanya karena Jurgen Klopp masih memiliki kontrak hingga 2024 melainkan bersama pelatih asal Jerman tersebut, The Reds meraih hasil yang positif dan dia dicintai fans.

Namun, ini akan menjadi tes bagi Steven Gerrard. Jika memang mantan kapten Liverpool ini jadi melatih Aston Villa, apa yang nanti diraihnya bersama The Villans menjadi tolok ukur.

Apakah dirinya memang benar-benar siap untuk melatih Liverpool, suatu saat nanti.

Lalu, apakah permainan dan strateginya di Aston Villa punya kemiripan dengan yang diterapkan Jurgen Klopp di Liverpool.

Steven Gerrard dalam waktu dekat ini memang dikabarkan akan segera melatih Aston Villa. Hanya soal waktu The Villans akan mengumumkan terkait pengangkatan Steve-G.

Aston Villa telah memecat Dean Smith dari kursi kepelatihan setelah klub ini mengalami lima kekalahan beruntun di Liga Inggris.

Seperti Dean Smith, sebagai pelatih Steven Gerrard pun memiliki filosofi menyerang dengan pola 4-3-3 dan terkadang dengan variasi 4-2-3-1.

Hanya, Dean Smith menurut pers Inggris terlihat menjadi lebih pragmatis sejak 2019-2020 lalu setelah Aston Villa promosi ke Liga Inggris dari Championship di musim sebelumnya.

Musim ini menjadi lebih sulit bagi Aston Villa setelah bintang mereka yaitu Jack Grealish pergi bergabung ke Manchester City.

Kepergian Jack Grealish membuat Aston Villa kehilangan pemain kreatif. Situasi ini pula yang membuat Aston Villa sulit memperlihatkan identitas permainan mereka.

Ini salah satu tantangan bagi Steven Gerrard di Aston Villa.

Filosofi Permainan

Steven Gerrard memahami bahwa bermain di Liga Inggris, kecuali tim top, memainkan sepak bola terbuka dan menyerang bukanlah yang harus dilakukan setiap pekannya.

Seperti Jurgen Klopp di Liverpool, Steven Gerrard pun mengusung pola 4-3-3. Dari 13 laga Ranger FC di Liga Skotlandia sejauh ini, 12 di antaranya menggunakan pola 4-3-3.

Termasuk saat menang atas Ross County FC, 4-2, pada 7 November 2021 lalu. Gerrard menempatkan Alfredo Morelos, Kemar Roofe, dan Fashion Sakala sebagai trio lini depan.

Alfredo Morelos telah mencetak tujuh gol di semua ajang, Kemar Roofe 9 gol, dan Fashion Sakala 4 gol.

Dengan demikian, Steven Gerrard tampaknya sudah memelajari cara dan filosofi sepak bola Liverpool ala Jurgen klopp karena Rangers FC bermain dengan cara yang sama.

Agresivitas, pressing, serta kecepatan dan timing sejumlah pemain menciptakan tekanan di jantung pertahana lawan, telah menjadi salah satu kunci sukses Gerrard di Rangers.

Cara ini pula yang akan diadopsi Steven Gerrard ketika dirinya resmi sebagai pelatih Aston Villa dalam waktu dekat ini.

Kesamaan antara permainan Rangers dan Liverpool saat ini, menjadi menjadi sisi menarik bagi pendukung The Reds melihat hal yang sama yang akan dilakukan Gerrard di Villa Park.

Liverpool memang masih akan di bawah kepelatihan Jurgen Klopp.

Namun, jika Gerrard mampu menggunakan metode yang sama di Aston Villa, ini semakin menguatkan kemungkinan bahwa dialah (Gerrard) pelatih Liverpool selanjutnya.

Kontrak di Rangers

Steven Gerrard masih memiliki dua tahun kontrak yang tersisa di Rangers. Namun, Aston Villa dapat memberikan kompensasi antara 2 hingga 3 juta pounds.

Gerrard sendiri sebelumnya sudah sempat menyatakan bahwa kembali melatih di Liga Inggris merupakan rencana yang sangat mungkin.

Mantan bintang Aston Villa, Gabriel Agbonlahor, optimisis bahwa Steven Gerrard akan segera diperkenalkan sebagai pelatih di Villa Park.

"Saya bahkan sudah mendengar bahwa sudah ada kesepakatan," kata Gabriel Agbonlahor.

"Saya kira, Steven Gerrard sosok yang sangat tepat untuk Aston Villa. Ini akan membuatnya kembali ke Liga Inggris, membuatnya melatih di Liga Inggris," dia menambahkan.

Kabar kembalinya Steven Gerrard yang akan melatih Aston Villa pun disambut antusias oleh Paul Lambert.

"Rencana Steven Gerrard melatih Aston Villa akan menjadi titik tolak baginya untuk melatih Liverpool suatu saat nanti," kata Paul Lambert yang juga pernah melatih Aston Villa.

Berita Liga Inggris Lainnya

Antonio Conte Larang Pemain Tottenham Hotspur Makan Mayones dan Saus Tomat

Paul Pogba Cedera, Terancam Tak Pernah Main lagi untuk Manchester United

&
Artikel Asli