Mengenal 5 Legenda Jerman yang Pernah Sabet Gelar Ballon d`Or

Olahraga | skor.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 11:11
Mengenal 5 Legenda Jerman yang Pernah Sabet Gelar Ballon d`Or

SKOR.id -Berikut ini adalah lima pesepak bola asal Jerman yang pernah memenangkan gelar Ballon d'Or.

Seperti diketahui, Jerman adalah salah satu negara yang memiliki banyak prestasi di dunia sepak bola.

Sampai saat ini, tim berjuluk Der Panzer itu tercatat pernah menjuarai empat kali Piala Dunia dan tiga kali Piala Eropa.

Tak hanya sebagai tim nasional, negara ini juga terkenal sebagai penghasil pesepak bola berbakat.

Sebut saja Gerd Muller yang pernah menyabet gelar di berbagai ajang, baik di level klub, internasional, atau pun individu.

Beberapa gelar yang pernah dimenangkan Gerd Muller di antaranya adalah empat trofi Liga Jerman, satu trofi Piala Dunia, dan satu trofi Ballon d'Or.

Termasuk Muller, berikut adalah lima bintang Jerman yang pernah menyabet gelar Ballon d'Or:

1. Gerd Muller

Gerd Muller adalah pemain pertama asal Jerman yang berhasil menyabet Ballon d'Or, yakni tahun 1970.

Kala itu, Gerd Muller berhasil menyingkirkan Bobby Moore (Inggris) dan Luigi Riva (Italia).

Pemain yang juga menjadi legenda Bayern Munchen itu merupakan satu dari sekian nama yang pernah memenangkan Piala Dunia, Piala Eropa, dan Ballon d'Or.

Keberhasilannya memenangkan Ballon d'Or adalah hasil dari peran pentingnya di timnas Jerman di Piala Dunia 1970 meskipun timnya hanya finis sebagai juara ketiga.

Gerd Muller lama memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak timnas Jerman dengan 68 gol sebelum dipecahkan Miroslav Klose tahun 2014 lalu.

2. Franz Beckenbauer

Dua tahun berselang, pemain asal Jerman kembali memenangkan ajang pemain terbaik tahunan tersebut, yaitu Franz Beckenbauer.

Uniknya, Franz Beckenbauer bersaing dengan dua rekan senegaranya di tiga besar, Gerd Muller dan Gunter Netzer serta menjadi bek pertama yang menyabet gelar ini.

Tidak hanya terkenal sebagai bek tangguh, Beckenbauer juga mampu menjadi penghalau lawan serta pengumpan yang sempurna.

Setelah tahun 1972, ia kembali memenangkan penghargaan Ballon d'Or lagi tahun 1976 mengalahkan Rob Rensenbrink (Belanda) dan Ivo Viktor (Republik Ceko).

3. Karl-Heinz Rummenigge

Karl-Heinz Rummenigge adalah pemain Jerman yang berhasil meraih gelar Ballon d'Or dua kali beruntun pada 1980 dan 1981.

Pada tahun 1980 Rummenigge mengalahan Bernd Schuster dan Michel Platini sedangkan pada tahun berikutnya ia unggul dari Paul Breitner dan Bernd Schuster.

Pemain berposisi penyerang ini juga gemilang bersama Bayern Munchen dengan mempersembahkan dua trofi Liga Champions.

Bersama Die Roten, ia mencatatkan 217 gol dari 422 dan di timnas Jerman ia menempati pos keenam dalam daftar top skorer sepanjang masa dengan 45 gol.

4. Lothar Matthaus

Lothar Matthaus sampai saat ini masih memegang rekor laga terbanyak di timnas Jerman dengan 150 caps dari tahun 1980-2000.

Lothar Matthaus meraih penghargaan Ballon d'Or edisi 1990 bersamaan dengan kesuksesan Der Panzer merebut trofi Piala Dunia.

Selain itu, ia juga berhasil di level klub dengan tujuh gelar Bundesliga dan tiga gelar DFB-Pokal bersama Bayern Munchen.

5. Mathias Sammer

Mathias Summer adalah pemain Jerman terakhir yang dianugerahi gelar Ballon d'Or, yaitu pada edisi 1996.

Mathias Summer dikenal sebagai pemain yang memilki kecerdasan dan ketenangan. Ia juga sosok bek yang sulit dikalahkan dan punya kemampuan untuk menginisiasi serangan.

Trofi major yang diraihnya bersama Der Panzer adalah Euro 1996 dan di level klub ia tiga kali juara Liga Jerman, dua kali bersama Borussia Dortmund dan sekali bersama Stuttgart.

Satu Pemain Timnas Jerman Positif Covid-19, 4 Lainnya Karantina

&
Artikel Asli