Loading...
Loading…
Perparnas XVI Papua Hari Ini, 4 Cabor Mulai Tanding

Perparnas XVI Papua Hari Ini, 4 Cabor Mulai Tanding

Olahraga | rm.id | Sabtu, 06 November 2021 - 17:10

Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua telah dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Ma\'ruf Amin di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Jumat (5/11) malam.

Ribuan masyarakat Papua menyaksikan upacara pembukaan yang digelar meriah. Kegiatan itu menjadi penanda dimulainya perburuan keping-keping medali Peparnas ke-16.

Ada empat cabang olahraga (cabor) yang memulai pertandingan perdana mereka di Bumi Cenderawasih, Sabtu (6/11).

Dua cabor menggelar lomba di Kota Jayapura dan dua lainnya di Kabupaten Jayapura. Seluruh perlombaan sudah mengadopsi aturan yang telah ditetapkan oleh Komite Paralimpik Internasional (IPC) dan Komite Nasional Paralimpik Indonesia (NPCI).

Bulu tangkis akan memulai babak penyisihan di venue GOR Cenderawasih, Kota Jayapura. Terdapat 208 keping medali telah disiapkan untuk disabet para atlet. Medali-medali itu terdiri dari 52 emas, 52 perak, dan 104 perunggu.

Keping medali tadi dibagi merata, masing-masing 26 nomor tunggal putra-putri, empat nomor ganda putra serta tiga nomor ganda putri.

Untuk sektor ganda campuran melombakan tiga nomor dan satu set medali lainnya diperebutkan pada nomor beregu putra.

Ada 37 nomor dari cabang yang akan menggelar pertandingan terakhirnya pada 13 November 2021. Di cabang ini akan bertanding perebut dua medali emas dan sekeping perak Paralimpiade Tokyo 2020, Leani Ratri Oktila.

Khusus pada Peparnas Papua, atlet yang membela kontingen Riau itu hanya diperbolehkan NPCI turun di satu nomor saja, tunggal putri.

Ketika menjadi narasumber diskusi Forum Merdeka Barat 9 Kementerian Komunikasi dan Informatika, 18 Oktober 2021 lalu, Ratri menyatakan tekadnya untuk membawa pulang sekeping emas bagi Bumi Lancang Kuning.

Selain bulu tangkis, cabor lain yang bertanding hari ini adalah catur di Hotel Sahid Papua. Sebanyak 210 keping medali yaitu 70 set emas, perak, dan perunggu akan diperebutkan oleh atlet-atlet dari 33 provinsi.

Laga dijadwalkan berlangsung hingga 13 November 2021. Ada sekitar 38 nomor lomba digelar, yakni 22 nomor perorangan putra-putri dan 16 nomor beregu putra-putri.

"Bidak-bidak caturnya kami datangkan dari Pemusatan Pelatihan Nasional (Pelatnas) NPCI di Solo, Jawa Tengah. Papan dan bidaknya tidak sama seperti pada umumnya. Karena ada lubang tersendiri untuk menancapkan dan untuk menggerakkan tiap bidak. Ini khusus untuk catur tuna netra," ujar Wakil Koordinator Team Leader Bidang Pertandingan Panitia Besar Peparnas Papua Roy Otto Joost Awuy di arena catur, lantai dua Hotel Sahid Papua, Sabtu (6/11).

Masih ada atletik dan tenis meja yang menggelar laga perdana hari ini. Kedua cabor akan memakai venue di Kabupaten Jayapura, yakni Komplek Olahraga Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Untuk atletik, lomba akan dilaksanakan di Stadion Lukas Enembe. Induk dari semua cabor tersebut menyediakan 741 keping medali meliputi 247 emas, 247 perak, dan 247 perunggu untuk diperebutkan para atlet.

Ada 111 nomor pertandingan perorangan putra dan 81 untuk putri. Di luar itu terdapat tujuh nomor beregu putra dan empat nomor beregu putri. Total ada 203 nomor perlombaan atletik digelar hingga 13 November 2021 nanti di stadion dengan lintasan yang telah mengantongi sertifikasi Federasi Asosiasi Atletik Internasional (IAAF).

Pertandingan perdana tenis meja diadakan di venue Istora Papua Bangkit. Terdapat stok 472 keping medali dengan rincian 118 emas, 118 perak, dan 236 perunggu.

Medali sebanyak itu tersebar merata pada 66 nomor pertandingan, masing-masing 44 nomor tunggal putra-putri, tujuh nomor ganda campuran, delapan nomor beregu putra serta tujuh lainnya beregu putri.

Tenis meja akan mengakhiri rangkaian pertandingannya pada 13 November 2021 nanti. PB Peparnas Papua telah menyiapkan 2.812 keping medali terdiri dari 861 emas, 861 perak, dan 1.090 perunggu yang siap diperebutkan pada 640 nomor perlombaan.

Para peserta Peparnas Papua akan bertanding pada 12 cabang olahraga di 12 venue yang terdapat di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Ke-12 cabang yang dilombakan pada Peparnas 2021 itu meliputi angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola cerebral palsy (CP), tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja. Jawa Barat merupakan juara umum Peparnas 2016 lalu.

Masyarakat Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura dapat menyaksikan seluruh pertandingan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, sepetti memakai masker, mencuci tangan dengan air dan sabun, serta menjaga jarak termasuk tidak berkerumun. [ SRI ]

Original Source

Topik Menarik