Loading...
Loading…
Pesta Gol Chelsea atas Norwich Bukti Kejeniusan Thomas Tuchel

Pesta Gol Chelsea atas Norwich Bukti Kejeniusan Thomas Tuchel

Olahraga | sindonews | Senin, 25 Oktober 2021 - 00:20

LONDON - Chelsea tampil tanpa cela ketika menghajar Norwich City dengan skor 7-0 di pekan kesembilan Liga Inggris 2021/2022 . Kemenangan besar itu boleh dibilang bukti kejeniusan Thomas Tuchel.

Bertanding di Stamford Bridge, London, Sabtu (23/10/2021), Tuchel menerapkan taktik menyerang dengan mengandalkan kecepatan kedua sisi pemain sayap. Tuchel mengandalkan pergantian posisi penyerangan atau yang lebih dikenal dengan istilah switch play , agar lini belakang Norwich merenggang.

Buah pemikiran Tuchel pun tidak sia-sia, mayoritas dari tujuh gol Chelsea mengandalkan sisi sayap, dua gol dicetak pemain sayap, dan dua gol lainnya berawal dari skema switch play.

Keberhasilan skema ini sudah mulai membuahkan hasil sejak gol pertama. Callum Hudson Odoi membawa bola di sisi kanan pertahanan Norwich, dan melepaskan umpan ke sisi kiri yang diantisipasi dengan salah oleh bek Norwich, Ben Gibson.

Contoh lain yakni pada gol ketiga. Reece James, Jorginho, Matteo Kovacic, dan Mount bahu membahu mengalirkan bola dari kiri pertahanan Norwich. Bola pun diterima Ben Chilwell yang sudah menunggu di kanan, dan melepaskan bola tersebut ke gawang Tim Krul.

Tuchel pun senang dengan performa anak asuhnya yang dapat menerapkan taktik yang dia inginkan. Mantan pelatih Paris Saint Germain tersebut menyebut bahwa skema yang diterapkannya memberikan banyak kebebasan bagi pemainnya untuk mempecundangi Norwich.

"Saya sangat senang ketika bek sayap tiba di kotak penalti. Kami memiliki kebebasan dan kami sangat bersemangat untuk terus menyerang area kotak penalti dan ruang sekitarnya untuk mencetak gol. Penting bagi kami untuk membawa pola (penyerangan) kami ke akhir serangan. Itu membuat segalanya lebih mudah," kata Tuchel dikutip laman resmi klub, Minggu 24 Oktober 2021.

Saat ini Chelsea kukuh di puncak klasemen sementara Liga Inggris musim 2021/2022. The Blues -julukan Chelsea- bertengger dengan perolehan 22 poin, hasil dari tujuh kali menang, sekali imbang dan sekali kalah.

Original Source

Topik Menarik