Bendera Indonesia Tidak Berkibar Diganti Bendera PBSI di Thomas Cup, Netizen Sedih Melihat Kejadian Itu

Olahraga | koran-jakarta.com | Published at Senin, 18 Oktober 2021 - 08:35
Bendera Indonesia Tidak Berkibar Diganti Bendera PBSI di Thomas Cup, Netizen Sedih Melihat Kejadian Itu

Indonesia berhasil mengalahkan Tiongkok pada final Piala Thomas 2020 dalam 3 pertandingan berturut-turut, Minggu (17/10/2021). Namun sangat disayangkan ada kejadian yang tidak diinginkan yaitu tidak ada bendera Merah Putih berkibar pada upacara pemberian trofi.

Tim Thomas Indonesia secara sensasional dapat merebut kembali piala Piala Thomas. Mereka sekarang berhasil mengalahkan sang juara bertahan, Tiongkok dengan skor 3-0, setelah puasa setelah 19 tahun lamanya Indonesia tak lagi merasakan gelar Piala Thomas.

Sementara itu, bendera Merah Putih tidak naik ketika prosesi pemberian trofi dan pengalungan medali. Sebagai gantinya, Merah Putih digantikan dengan lambang Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) selaku federasi yang membawahi tim Thomas Indonesia.

Kejadian ini sangatlah membuat publik bertanya-tanya dan sangat tidak wajar. Keadaan ini menjadi pertama kalinya bendera pemenang Piala Thomas tak dikibarkan di atas podium. Padahal, bendera China selaku runner-up, serta Jepang dan Denmark yang merebut medali perunggu ditampilkan di panggung

Mesti begitu, larangan pengibaran bendera Merah Putih ini berkaitan dengan permasalahan World Anti Doping Agency (WADA). Yang mana WADA menyebut Indonesia tak patuh dalam program uji tes doping.

WADA mengirim surat pada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) pada 15 September lalu terkait ketidakpatuhan program uji doping. Indonesia tidak bisa memenuhi test doping plan (TDP) tahun 2020 dan juga belum memenuhi TDP untuk tahun 2021.

Beberapa negara dikirimi surat dan punya waktu 21 hari untuk memberikan klarifikasi. Indonesia tidak memberikan klarifikasi, seperti halnya Thailand dan Korea Utara. WADA lalu melayangkan surat sanksi pada 7 Oktober.

Langkah yang ditempuh WADA selanjutnya, Indonesia dianggap tak mematuhi aturan terkait doping, dari situ pun dijatuhkan sanksi. Salah satu hukumannya yakni tak diperbolehkan mengibarkan benderanya di kejuaraan regional, kontinental atau dunia.

Laman media sosial pun ramai hingga sampai detik ini warganet mempertanyakan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan PBSI, kejadian ini menuai respons beragam. Sebagian besar netizen menyayangkan Indonesia tidak bisa mengibarkan Merah Putih di moment istimewa seperti sekarang.

Dis! Indonesia berhasil bawa pulang Piala Thomas lagi setelah 19 tahun. Tapi sedih bgt ini yg berkibar bukan merah putih melainkan bendera PBSI.

PBSI itu negara? ???? pic.twitter.com/W7iLiVdVoy

AREA JULID (@AREAJULID) October 17, 2021

Artikel Asli