60 Rekor Pecah, 3 di Antaranya Rekor Dunia

koran-jakarta.com | Olahraga | Published at Jumat, 15 Oktober 2021 - 02:22
60 Rekor Pecah, 3 di Antaranya Rekor Dunia

JAYAPURA - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen TNI (Purn) Marciano Norman mengatakan sudah ada 60 pemecahan rekor baik internasional dan nasional selama dalam gelaran PON Papua 2021.

"Ternyata di dalam pekan olah raga ini, seperti yang kita harapkan, terjadi pemecahan rekor," ujar Marciano, Kamis (14/10).

Secara total, ada 60 pemecahan rekor, yang terdiri dari 3 rekor dunia, 19 rekor nasional dan 38 rekor PON selama gelaran PON Papua. Marciano menilai tolok ukur keberhasilan PON ini adalah lahirnya pemecahan rekor, meski saat ini tengah berada dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Pertama, pemecahan rekor dunia oleh atlet angkat besi junior, ada 3 pemecahan rekor dunia. Kemudian untuk rekor nasional, ada 19 pemecahan rekor nasional. Kemudian pemecahan rekor PON sampai ada 38," jelas Marciano.

"Pekan Olahraga Nasional ini tolok keberhasilannya apabila ada pemecahan rekor. Ternyata Alhamdulillah , di masa pandemi Covid-19 ini ada pemecahan rekor," sambungnya.

Pemecahan rekor dunia, nasional dan PON itu diketahui berasal dari beberapa cabang olah raga di antaranya angkat besi, atletik, selam, dan renang.

Gelaran PON Papua akan resmi ditutup oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'aruf Amin pada Jumat (15/10) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.

Marciano juga menyebut pembangunan di sektor olahraga di seluruh daerah mulai merata karena tak ada dominasi di PON Papua. "Benar bahwa PON ini diundur satu tahun sehingga harus ada penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan oleh para pelatih terkait dengan peak performance dari masing-masing atletnya. Ini menunjukkan bahwa pembinaan olahraga prestasi oleh masing-masing provinsi itu terlihat disini," ujar Marciano. ben/Ant/S-2

Artikel Asli