Petinju NTB Berjaya di PON

lombokpost | Olahraga | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 13:00
Petinju NTB Berjaya di PON

JAYAPURA -Cabang olahraga (cabor) tinju mengakhiri pertandingannya, kemarin (13/10). Ada 17 pertandingan final yang digelar di GOR Cenderawasih APO. Dari 17 pertandingan, empat petinju NTB ambil bagian.

Empat petinju NTB yang turun di babak final adalah Endang di kelas 48 kilogram. Karmila turun di kelas 54 kilogram. Huswatun Hasanah di nomor 60 kilogram. Serta Saputra Samada di nomor 69 kilogram. Dari empat petinju tersebut, cabor tinju menambah dua medali emas dan dua medali perak.

Medali emas diraih Endang setelah mengalahkan Nabila Maharani asal Lampung. Dalam tiga ronde, Endang menyulitkan lawannya. Sehingga juri memutuskan Endang menang poin, 4-1.

Huswatun Hasanah juga menyumbangkan satu medali emas. Huswatun berhasil mengalahkan petinju NTT Erniati Ngongo. Pada ronde pertama dan kedua, Huswatun mendominasi pertarungan. Namun di ronde ketiga Erniati mencoba bertahan dan mengimbangi Huswatun. Hasil akhir Huswatun menang angka.

Dua petinju lainnya, Karmila dan Saputra Samada mampu meraih medali perak. Karmila harus mengakui keunggulan petinju DKI Jakarta Novita Sinadia. Karmila kalah poin, 5-0. Saputra Samada juga harus mengakui keunggulan petinju Sumatera Utara, Sari harus Lumbantobing.

Dengan tambahan empat medali ini, cabor tinju secara keseluruhan meraih tujuh medali. Terdiri dari dua medali emas, dua medali perak dan tiga perunggu. Tiga medali perunggu diraih Nasruddin, Ainun Azizah, dan Shinta Agustini. Ketiganya kalah di babak semifinal.

Raihan medali cabor tinju di PON Papua mengalami peningkatan dari PON Jabar 2016. Saat itu cabor tinju meraih dua medali emas, dua medali perak dan satu medali perunggu. Capaian tinju meningkat. Meskipun meleset dari target emas, ujar Manajer Tinju NTB Jamuhur.

Jamuhur menjelaskan, penampilan empat petinju di babak final sudah maksimal. Mereka mengeluarkan seluruh kemampuannya dan tidak bermain setengah hati. Inilah hasil terbaik yang bisa didapatkan dari cabor tinju. Terima kasih dukungan semua pihak dan masyarakat NTB, tandasnya. (puj/r8)

Artikel Asli