Kisah Pilu PON XX Papua 2021: Peraih Medali Emas ini Alokasikan Bonusnya untuk Bayar Utang

okezone | Olahraga | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 10:46
Kisah Pilu PON XX Papua 2021: Peraih Medali Emas ini Alokasikan Bonusnya untuk Bayar Utang

KISAH pilu datang dari salah satu peraih medali emas PON XX Papua 2021. Atlet Shorinji Kempo asal Sumatera Barat (Sumbar), Ari Pramanto, menggunakan bonus dari medali emas PON XX Papua 2021 untuk membayar utangnya.

Sebagaimana diketahui, Ari sapaan akrabnya memenangkan pertandingan shorinji kempo kategori randori (tarung) kelas 70 kg di Gedung Olahraga (GOR) Sekolah Sekolah Tinggi Teologi Gereja Injili diIndonesia STT GIDI.

PON XX Papua 2021 (Foto: Instagram/@ponxx2020papua)

Setelah keberhasilan itu, Ari langsung menghubungi keluarganya. Sebab, dia akan memiliki biaya untuk membayar semua utang-utangnya.

"Kalau bicara bonus, mungkin semuanya untuk bayar hutang saja lagi," kata kenshi Sumatera Barat itu.

Utang-utang itu menjerat Ari karena dia harus membiayai anak dan istrinya sambil fokus persiapan PON XX Papua 2021. Sebenarnya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat memberikan uang saku untuk persiapan PON XX Papua 2021.

Masalahnya, uang dari KONI Sumatera Barat sering terlambat atau menunggak. Alhasil, ia terpaksa meminjam uang demi menutupi kebutuhan sehari-hari.

Bahkan, untuk berangkat ke PON XX Papua 2021, ia hanya diberi Rp2,5 juta oleh KONI Sumatera Barat. Sayangnya, uang itu tidak cukup untuk biayanya di Papua atau menafkahi keluarganya di kampung halaman.

Saat tengah bersiap-siap untuk PON XX Papua 2021, Ari tidak bekerja sebagai tenaga honorer di Pemerintah Kota Sawahlunto agar dapat fokus menjalani latihan.

Artikel Asli