Drama Tyson Fury Jatuh di Ronde 4: Ini Penyebab Wasit Stop Hitungan

sindonews | Olahraga | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 10:01
Drama Tyson Fury Jatuh di Ronde 4: Ini Penyebab Wasit Stop Hitungan

Drama Tyson Fury terjatuh di ronde 4 terungkap dalam rekaman ulang mengapa wasit Russell Mora stop menghitung saat The Gypsy King dijatuhkan kedua kalinya dalam duel trilogi Kelas Berat WBC pada Sabtu malam lalu. Dan, Deontay Wilder kini hanya bisa menyalahkan dirinya sendiri setelah Tyson Fury diberi hitungan lebih lama setelah dijatuhkan di ronde keempat.

Fury dijatuhkan untuk kedua kalinya di ronde 4 tetapi bisa bangkit lagi sebelum hitungan selesai. Tetapi penggemar tinju dan pakar - termasuk legenda tinju Amerika Andre Ward - masih mempertanyakan penghitungan diperpanjang. Rekaman ulang mengungkapkan penyebab wasit Russell Mora berhenti menghitung pada hitungan kelima adalah karena Wilder tidak berada di sudut netral.

Pada saat itulah Mora berhenti untuk memberi isyarat agar petinju Amerika itu pindah ke sudut netral sebelum penghitungannya dilanjutkan. Wasit hanya berpegang pada aturan yang ditetapkan oleh Asosiasi Komisi Tinju dan Olahraga Tarung. Aturan itu berbunyi: "Ketika knockdown terjadi, lawan petinju yang jatuh harus pergi ke sudut netral terjauh dan tetap di sana saat penghitungan sedang dilakukan.''

"Wasit dapat berhenti menghitung jika lawan tidak masuk ke sudut netral, dan melanjutkan penghitungan di mana dia tinggalkan ketika lawan pergi ke atau kembali ke sudut netral."

Meskipun aturan dipatuhi, penonton mengamuk secara online bahwa Fury diberi detik ekstra yang berharga. Legenda UFC Daniel Cormier men-tweet: "Hitungannya sangat lambat. Dia tidak seharusnya berhenti menghitung untuk memberi tahu Deontay agar pergi ke sudutnya."

Ward, yang berada di sisi ring untuk memberikan komentar, mengatakan: "Itu adalah hitungan yang sangat lambat pada kedua knockdown itu, saya tidak tahu tentang apa itu."

Drama serupa terjadi selama pertarungan pertama mereka ketika Fury secara dramatis dirobohkan di babak final. Wasit Jack Reiss harus menghitung delapan ketika Raja Gipsi muncul, sebelum memintanya berjalan ke arahnya, dan membiarkan pertarungan berlanjut.

Fury memenangkan pertandingan ulang dalam tujuh ronde dua tahun kemudian tetapi pertarungan trilogi adalah pilihan utama. Wilder dijatuhkan di ronde ketiga tetapi bangkit di ronde berikutnya untuk mencetak dua knockdown.

Saat itulah di ronde sepuluh ketika Fury menjatuhkan Bronze Bomber dan kemudian menutup pertarungan di ronde ke-11. Wilder menolak untuk memeluk pemenang setelah itu, tetapi pelatihnya Malik Scott memuji juara WBC Inggris. Scott menulis di Instagram: "Tyson, kamu adalah petarung yang luar biasa.

Artikel Asli